Polres Majalengka Amankan Pelaku Penjual Satwa Dilindungi

  • Audin
  • Senin, 28 September 2020 | 15:52 WIB
foto

Majalengka, Zonabandung.com,- Warga asal Kota Bandung berinisal W (59) dan warga asal Kabupaten Bantul berinisial S (41) ditangkap Satreskrim Polres Majalengka karena kedapatan menjual satwa dilindungi jenis Burung Tiong Emas.

Kedua warga tersebut ditangkap saat menjual burung dilindungi di pinggir jalan Siliwangi Kecamatan Panyingkiran, Majalengka, pada Kamis (24/9/20) lalu.

"Berawal dari informasi masyarakat bahwa ada orang yang menjual burung dilindungi jenis Tiong Emas. Kemudian tim langsung menuju lokasi dan berhasil menangkap dua orang penjual di pinggir jalan," kata Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso saat komperensi. Senin (28/9/2020).

Menurutnya. Burung Tiong Emas ini disimpang dengan burung lain yang tidak dilindungi. Tapi petugas kami sudah mengetahui bahwa itu adalah burung yang dilindungi.

"Dalam penangkapan itu, dua ekor burung Tiong Emas serta uang tunai sebesar Rp 700 ribu hasil penjualan burung Cucak Ijo diamankan petugas.

Lanjut Bismo menjelaskan, dalam menjual burung yang dilindungi undang-undang itu, kedua pelaku menempatkan burung Tiong Emas dengan burung lain yang tidak dilindungi untuk mengelabui petugas.

"Akibat perbuatannya, kedua pelaku telah melanggar undang-undang RI nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem dengan ancaman hukuman lima tahun penjara dan denda Rp 100 juta.

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Didi Irawadi Berikan Bantuan Sembako Kepada Korban Banjir di Ciamis
Pepep S Hidayat: Sambut Rebana Pemkab Majalengka Dinilai Tak Memiliki Daya Tawar
Seorang Ayah Di Majalengka Setubuhi Anak Tiri Dibawah Umur Hingga Hamil
Kasus Stunting di Majalengka Menurun
Panitia Seleksi Disdik Cirebon Diduga Pungli dari Calon Pengawas dan Penilik