Kejari Bandung Serahkan Uang Sitaan Miliaran Rupiah

  • Suyono
  • Selasa, 23 Februari 2021 | 12:09 WIB
foto

Bandung, Zonabandung.com -- Kejaksaan Negeri Kota Bandung menyerahkan uang miliaran rupiah ke dua perusahaan plat merah PT Pos Indonesia dan PT Pegadaian.

Uang yang diserahkan tersebut merupakan hasil sitaan dari perkara korupsi di PT Pos dan PT Pegadaian.

"Hari ini kami menyerahkan barang rampasan negara berupa uang kepada PT Pos Indonesia dan PT Pegadaian dalam dua perkara tindak pidana korupsi," ucap Kepala Kejari Kota Bandung, Iwa Suwia Pribawa di Kantor Kejari Kota Bandung, Jalan Jakarta, Senin (23/2/2021).

Adapun penyerahan uang ke PT Pos Indonesia senilai Rp 9.475.000.000. Penyerahannya dilakukan secara tunai senilai Rp 1.475.000.000 dan pemindah bukuan rekening senilai Rp 8 miliar ke rekening PT Pos Indonesia.

"Rampasan negara Rp 9 miliar lebih itu berasal dari satu perkara tindak pidana korupsi pengadaan portable data terminal merk intermec type CS 40 pada PT Pos Indonesia, dengan empat orang terpidana yang telah berkekuatan hukum tetap. Dalam amar putusannya, memerintahkan uang rampasan disita untuk negara," ucap Iwa.

Selain ke PT Pos, Kejari juga menyerahkan uang rampasan negara berupa uang senilai Rp 182 juta dalam perkara tindak pidana korupsi dengan terdakwa Dewi Kusumawati.

"Kasus ini juga sudah berkekuatan hukum tetap, diadili di Pengadilan Negeri Kelas IA Khusus Bandung," katanya.

"Ini upaya kami, bahwa dalam perkara tindak pidana korupsi, tidak hanya soal menuntut atau menghukum, tapi juga harus bisa mengembalikan dan memulihkan keuangan negara," ujar Iwa.

Sementara itu Pensihat Hukum PT Pos Indonesia, Erlan Jaya Putra yang hadir pada kesempatan itu, mengapresiasi penyerahan uang hasil rampasan itu ke PT Pos Indonesia.

"Tentu kami apresiasi dan mengucapkan terima kasih pada Kejaksaan Negeri Bandung karena telah menyerahkan kembali uang rampasan hasil korupsi," katanya.

Senada dengan Iwa, dia menyebut bahwa tujuan dari penegakkan hukum pidana korupsi tak lain adalah memulihkan keuangan negara.

"Penegak hukum dalam hal ini jaksa, sudah menjalankan fungsi itu, memulihkan dan mengembalikan keuangan negara," kata Erlan

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Petugas Lapas Pamekasan Berhasil Ungkap Jaringan Narkoba
Petugas Lapas Bengkulu Dukung Kepolisian Ungkap Penyalahgunaan Narkoba
Kepolisian Majalengka Berhasil Menangkap Sindikat Pengedar Uang Palsu
Terkait Dugaan Suap Walikota Cimahi, Pemilik RSU Kasih Bunda Terancam 5 tahun Penjara
Walikota Tasikmalaya Non Aktif Budi Budiman Dituntut 2 Tahun Penjara