Skyscraper
Skyscraper

Terkait Surat Waris Palsu, Luke Dituntut 4 Tahun Hukuman Penjara

  • Suyono
  • Kamis, 13 Februari 2020 | 17:48 WIB
foto

Bandung, Zonabandung.com -- Jaksa Penuntut Umum menuntut Rachmat Surya Puluhulawa alias Luke (49) selama 4 tahun hukuman penjara.

Luke dinyatakan telah terbukti melakukan tindak pidana memalsukan keterangan dalam akta Otentik yakni; Surat Keterangan Ahli Waris (SKAW) yang diterbitkan oleh Camat Cidadap Kota Bandung,yang dalam SKAW itu meyebutkan bahawa Luke adalah sebagai ahli waris dari alm Wili Suganda.

Padahal ahli waris yang sah dari H M Willy Suganda berdasarkan putusan Pengadilan Agama Bandung nomor 189I Pdt PI2012/PA Bdg tanggal 12 Apnl 2012. Ahli waris dari alm Wili Suganda, ada Empat orang yakitu; Luke ( Anak Wili Suganda ) Dian Novina,(Istri Wili Suganda) Muhammad Amir Zafran Suganda serta Ayesha Zahra Ramadhan Suganda anak HM Willi Suganda.

Tuntutan itu, dibacakan JPU Melur Kimaharandika dalam sidang yang diketuai Edison Muhammad, pada Kamis (13/2/2020) di Pengadilan Negeri Kelas I.A Khusus Jalan RE Martadinata kota Bandung.

Dalam uraian tutntutan JPU mebyebutkan berdasarkan keterangan sebelas orang saksi dan tiga orang ahli serta bukti-bukti surat yang terungkap dipersidangan terdakwa Rachmat als Luke telah terbukti melakukan perbuatan melawan hukum sebagaimana dakwaan pertama pasal 266 ayat 1 KUHP.

"Akibat SKAW yang diterbitkan oleh kecamatan Cidadap tersebut telah dirugikan dan menghilangkan hak waris Dian Novina Istri dari alm Wili Suganda dan kedua anaknya," ujar Melur.

Hal yang memberatkan kata JPU terdakwa Luke tidak menyesal, tidak mengaku bersalah dan tidak mempunyai niat agar permasalahan ini diselesaikan secara kekeluargaan.

Hal yang meringankan terdakwa belum pernah dihukum, seperti terungkap dalam perkara ini, Rachmat Surya Puluhulawa alias Luke (49) didakwa sebagaimana pasal 266 ayat (1) atau pasal 266 (2) KUHP dan Pasal 263 ayat (1) KUHP.

Jaksa penuntut umum dalam dakwaannya menyebutkan Luke telah melakukan tindak pidana memalsukan Surat Keterangan Ahli Waris (SKAW) tanggal 15 Januari 2014, atas nama Rachmat Surya Puluhulawa yang diterbitkan atau dikeluarkan oleh Camat Cidadap.

Surat keterangan ahli waris tersebut, digunakan untuk menguasai dan memiliki harta warisan dari almarhum H. M. Willy Suganda. Luke adalah anak dari perkawinan H. M. Willy Suganda dengan Hj. Laurina Hawaria Liando.

Setelah ibunya Luke Hj. Laurina meninggal. Wili Suganda menikah dengan Dian Novina dan memiliki dua orang anak yakni; Muhammad Amir Zafran Suganda anak HM Willy Suganda, serta Ayesha Zahra Ramadhan Suganda.

Kemudian beberapa tahun setelah H.M Willy Suganda meninggal dunia, terdakwa Luke meminta kepada Ketua Rw 02 Kelurahan Ledeng Kecamatan Cidadap yakni; saksi Dedy Ruhui untuk mengurus penerbitan surat keterangan ahli waris yang isinya menyatakan, bahwa hanya terdakwa ahli waris dari almarhum Willy Suganda.

Padahal terdakwa mengetahui ada ahli waris lain dari almarhum Willy Suganda, yakni Dian Novina dan Muhammad Amir Zafran Suganda, serta Ayesha Zahra Ramadhan Suganda Bin H M Willy Suganda (anak), sebagaimana dinyatakan dalam putusan Pengadilan Agama Bandung nomor 189/Pdt P/2012IPA Bdg tanggal 12 April 2012 tentang akta perdamaian.

Setelah surat keterangan ahli waris Itu diterbitkan oleh Kecamatan Cidadap, kemudian terdakwa mempergunakan surat keterangan ahli waris tersebut untuk melakukan peralihan hak (membalik nama) lima sertifikat hak milik atas tanah yang terletak di Desa Mekarwangi, Kecamatan Lembang dengan Nomor SHM 425. 439. 441, 457 dan 1013, yang semula pemegang haknya tercatat atas nama Muhammad Willy Suganda menjadi milik Luke.

Akibatnya Dian Novina dan kedua anaknya, dirugikan dan kehilangan hak waris dari Willy Suganda.

Editor: Shelly Sillviana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Posting Menghina Institusi di Facebook, Seorang Warga Ditangkap
Mantan Sekda Jabar Iwa Karniwa Dituntut 6 Tahun Penjara
Kasus Suap Bupati Indramayu, Carsa ES Dituntut 2,5 Tahun Penjara
Terbukti Merampas Nyawa Orang, Zaini Dituntut Hukuman 19 Tahun Penjara
Bawa Sabu 12 Kg, Dua Bersudara Dituntut 18 Tahun Penjara