Petugas Rutan I Pekanbaru Duel Sengit Dengan Napi Yang Hendak Kabur

foto

Pekanbaru - zonabandung.com - Petugas Rutan I Pekanbaru dengan sigap berhasil menggagalkan percobaan pelarian napi, Sabtu, 10/07/2021.

Pelarian tiga napi kasus narkoba tersebut ketahuan sama petugas yang sedang berjaga dan berhasil menangkap kembali walau dengan perlawan sengit.

Kejadiannya bermula saat anggota Rupam I melakukan troling blok C kamar strafsel 1, didapati lampu padam dan setelah dilakukan pengecekan lebih lanjut penghuni kamar strafsel 1 sebanyak 3 (tiga) orang sudah tidak berada ditempat dan terlihat ventilasi kamar sudah dijebol, terang Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau, M. Hilal kepada wartawan zonabandung.com via telepon selulernya, Sabtu petang, 10/07/2021.

Hilal menjelaskan saat itu juga anggota Rupam Blok C langsung melaporkan peristiwa itu kepada Kepala Rupam.

" Kepala .Rupam langsung memerintahkan seluruh anggota untuk siaga dan sebagian bergegas menuju branggang dalam Rutan dan berhasil mengamankan 1 (satu) orang napi bernama Irwan Putra Bin Alam yang masih berada pada tembok II branggang dalam Rutan", ungkap Hilal.

Kemudian petugas Rutan bergerak cepat secara bersamaan dan menemukan lagi napi bernama Faris Hulu Bin Alfavate Hulu dan sempat berduel dengan petugas kami karena napi itu melakukan perlawanan. Tapi akhirnya napi tersebut dapat dilumpuhkan , tutur Hilal.

Saat bersamaan pula petugas masih menyisir area luar tembok Rutan dan menemukan satu lagi napi bernama Usin Abu Hasan Bin Usman.

Usin Abu Hasan itu melakukan perlawanan dengan petugas dan duel satu lawan satu namun akhirnya napi itu berhasil diringkus petugas kami, terang Hilal.

Ketiga napi yang mencoba kabur itu diduga menggunakan sarung sebagai alat untuk naik melalui plapon kamar dan ditemukan pula potongan teralis besi, ungkap Hilal.

Hilal mengatakan sangat mengapresiasi kesigapan dan kecekatan petugas Rutan dalam upaya melakukan penggagalan pelarian tiga napi itu apalagi ada perlawanan keras dari napi hingga duel pun tak terhindarkan untuk melumpuhkan napi, pungkasnya.

" Saya langsung ke Rutan mengecek dan mengevaluasi percobaan pelarian tersebut dan memberikan penguatan kepada petugas serta memerintahkan agar ketiga napi itu segera dipindah ke Lapas lain untuk meminimalisir gangguan kamtib", ucap Hilal.

Tambah Hilal, sarana dan prasarana yang dirusak napi akan segera diperbaiki dan dibenahi untuk mencegah hal yang sama terulang kembali, imbuhnya.

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Cegah Covid-19 , Percepatan Vaksinasi Terus Digelar
Sidang Perdata Gugatan Pembatalan Ahli Waris Masih Seputar Pembuktian Tertulis
Petugas Lapas Slawi Donor Darah Usai Bagi Sembako Kumham Berbagi
Memutus Covid-19, Pengurus Perum Asabri Lakukan Penyemprotan Cairan Disinfektan
Dispangtan Kota Cimahi Mulai Gelar Pemeriksaan Hewan Qurban