Rutan Bengkulu Getol Berantas Narkotika, BNN Berikan Penghargaan

foto

Bengkulu, Zonabandung.com - Rutan Bengkulu mendapat penghargaan program pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dari BNN Propinsi Bengkulu, Senin, 28 Juni 2021.

Penghargaan dalam hal pemberantasan narkotika di Rutan Bengkulu itu diterima langsung Karutan Bengkulu, Tutut Prasetyo.

Pemberian piagam tersebut merupakan apresiasi yang diberikan atas upaya dan Komitmen serta peran aktif Rutan Bengkulu dalam melaksanakan Program P4GN dalam rangka menciptakan Rutan Bengkulu Bersih dari Narkotika, ujarnya kepada wartawan Zonabandung.com via telepon selulernya, Senin siang (28/6/2021).

Tutut menjelaskan Rutan Bengkulu akan tetap konsisten dan komitmen dalam upaya Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

"Kami akan terus melakukan Sinergitas dan Kolaborasi bersama Aparat Penegak Hukum terkait seperti Kepolisian (Polres dan Polda Bengkulu) dan BNN Kota Bengkulu untuk memerangi, mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba," terang Tutut.

Upaya - upaya yang dilakukan Rutan Bengkulu selama ini seperti, Deteksi Dini, Penggeledahan Blok dan Kamar Hunian secara Rutin dan Insidentil, Test Urine secara berkala pada petugas maupun Warga Binaan Pemasyarakatan serta pemeriksaan secara teliti dan cermat lalu lintas orang dan penitipan barang yang melalui Pintu Penjagaan Utama (P2U), pungkasnya.

Hal senada diungkapkan Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kumham Bengkulu, Ika Yusanti bahwa ada dua UPT yang mendapat piagam penghargaan dari BNNP Bengkulu yaitu Rutan Bengkulu dan Lapas Bengkulu.

"Rutan Bengkulu mendapat penghargaan dalam hal pemberantasan narkotika sementara kalau Lapas Bengkulu penghargaan dalam hal P4GN bidang Rehabilitasi," tutur Ika.

Ika mengatakan bahwa penghargaan itu merupakan wujud nyata komitmen Kemenkunham dalam rangka P4GN.

Ia menjelaskan selama ini pihaknya selalu komitmen dalam membantu kepolisian dan BNN untuk memberantas narkotika dan berkontribusi membantu Aparat Penegak Hukum dalam mengungkap peredaran narkotika didalam Lapas dan Rutan, pungkasnya.

Hingga kini, Jumlah penghuni seluruh warga binaan Bengkulu sebanyak 2671 50% diantaranya kasus narkoba, terang Ika. Ika berharap melalui penghargaan ini masyarakat semakin percaya, bahwa kami tidak main-main, kami serius mewujudkan Lapas/Rutan bersih dari Narkoba dan tetap mendukung APH memberantas Narkotika, harapnya.

Editor: Shelly Sillviana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Babinsa Koramil 0908/Cimahi Tengah Monitoring Dalam Rangka Serbuan Vaksinasi TNI
Kadiv PAS Kumham DKI Bersama Kepala UPT Se DKI Sinkronisasi Data Guna Vaksinasi Serentak
Lapas Garut Kerjasama dengan Dinkes Vaksinasi Covid-19 Ratusan Napi
Menkumham Berhasil Meraih WTP Dari BPK
Pembangunan MPP Kota Cimahi Dilanjutkan Tahun Ini