Jum"at Berkah Berbagikan Sembako Pada Warga di Sekitar Masjid Baiturrohman

foto

Cimahi, Zonabandung.com,- Kegiatan yang bertajuk Jumat Berkah membagikan sebanyak 100 paket sembako berisikan beras, telur, mi instan, minyak goreng, sayuran dan sebagainya dibagikan kepada warga RW 03 Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan dan sekitarnya yang memiliki kupon Pembagian Sembako.

Menurut penanggung jawab Kegiatan Jumat Berkah Kiki Purnamasari mengatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meringankan beban kebutuhan masyarakat akan kecukupan Sembilan Bahan Pokok (sembako).

"Dalam upaya membantu pemerintah dimasa pandemi Covid-19 yang mengakibatkan  perekonomian masyarakat ikut terpuruk,  pengurus Masjid Baitulrohman Baros Kota Cimahi setiap Jumat selalu bagi-bagi 100 paket sembilan bahan pokok (sembako) kepada masyarakat," ucap Kiki Purnamasari, saat di sela-sela kegiatan di halaman Masjid Baiturrohman RW 03 Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jumat (11/6/2021).

Dalam kegiatan ini, 100 paket sembako berisikan beras, telur, mi instan, minyak goreng, sayuran dan sebagainya dibagikan kepada warga yang memiliki kupon Pembagian Sembako. Suplai sembako tersebut diperoleh dari hasil sumbangan rutin dari para donatur setiap minggunya.

“Kegiatan pembagian sembako ini diinisiasi oleh saya bersama rekan-rekan di wilayah dan taklim. Kalau kita mampu, berarti kita meringankan beban pemerintah untuk wilayah yang tidak terjangkau, walaupun jumlahnya tidak besar,” jelas Kiki Purnamasari.

Menurut Kiki sembako yang diperoleh dari para donatur untuk Jumat ini sudah memenuhi target 100 kantong. Bahkan pada Ramadhan lalu, jumlah kantong sembako melebihi target yang dipatok.

“Waktu itu sampai sekitar 110 kantong, untuk sekarang kita targetnya 100 dulu karena kemampuan kita juga terbatas,” ungkap Kiki yang juga merupakan anggota Seksi Dakwah Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Baiturrohman itu.

Kiki menjelaskan bahwa sebagai umat Islam, kita harus saling bantu-membantu selama mampu untuk membantunya dan Kiki juga membuka untuk siapa saja yang mau menyisihkan rizkinya di Masjid Baiturrohman ini.

"Pintu kami terbuka untuk menerima sumbangan dari siapapun, maka Alhamdulillah setiap harinya banyak yang nyumbang untuk dibelikan sembako setiap hari Jum'at, bahkan tidak itu saja, usai sholat Jum'at kita akan bagi-bagijan makanan pula untuk masyarakat, tapi kami tetap mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan," pungkas Kiki Purnamasari.

Ditemui di tempat yang sama dr.Arlani Sesantini M.Kes Salah satu istri pendiri Masjid Baiturrohman Alm Bambang Surya mengatakan menurut amanah Alm.Bambang Surya bahwa masjid harus terus bisa mensejahterakan masyarakat sekitarnya dengan berbagai program yang menarik dan kreatif serta melanjutkan program masjid sebagai basecamp para santri musyrif untuk mengajarkan Al-Quran pada masyarakat sekitar.

"Semoga masjid dan seluruh kegiatannya menjadi amal jariyah yang terus mengalir bagi bapak Alm.Bambang Surya Bin Sutan Darsyah hingga yaumil akhir," ujar dr.Arlani Sesantini.

dr.Arlani Sesantini yang juga bekerja sebagai Dokter umum di Rumah Sakit Cibabat menerangkan bahwa Sejarah masjid itu dulunya masih mushola kecil didirikan oleh bapak Suparlan Rustamadji, kemudian di bulan april 2017 dibangun menjadi Masjid Jami oleh bapak Alm.Bambang Surya (selesai pembangunan di akhir mei 2017).

Masjid Jami Baiturrohman ini dari awal sudah memupuk solidaritas sosial seperti rutin membagikan minuman makanan tiap jumatan, pengajian ibu, anak, bapak, yang diajarkan oleh para Misyrif dari Yayasan Kuntum indonesia (para penghapal quran dari berbagai daerah nusantara yg silih berganti tiap 6 bulan dan gratis) serta juga pembagian sembako tiap idul fitri pd semua warga baik muslim maupun non muslim.

"Bisa diartikan kehadiran masjid bisa mensejahterakan masyarakat sekitar baik muslim maupun non muslim dan memotivasi sedekah bagi yg mampu," pungkas dr.Arlani Sesantini.

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Jajaran Polsek Cingambul Gelar Operasi Yustisi Sasar Pelanggar Prokes
Setelah Meraih WBK, Lapas Perempuan Jakarta Optimis Dapat Meraih Predikat WBBM
Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual Dengan Prokes
Disdukcapil Kabupaten Banyuasin Berikan Pelayanan Jemput Bola Kepada Masyarakat
Tetap Cantik Meski di Dalam Lapas, Ini yang di Lakukan Napi LP Perempuan Jakarta