Kakanwil Kumham Jabar Ikut Dalam Pelantikan MPWN Di Bali

foto

Bali - zonabandung.com -  Rapat Koordinasi Penguatan Pembinaan dan Pengawasan terhadap Jabatan Notaris serta Pelantikan Majelis Pengawas Wilayah Notaris Periode Tahun 2021-2024 dan Pergantian Antar Waktu Majelis Kehormatan Notaris Wilayah Periode Tahun 2019-2022, bertempat di Grand Hyatt Nusa Dua Bali, Kamis, 10/06/2021.

Rakor ini dibuka  Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum yang diwakili Direktur Perdata Santun Maspari Siregar.

Kakanwil Kemenkumham Jabar, Sudjonggo bersama Kakanwil DKI, Ibnu Chuldun turut  serta dilantik sebagai MPWN.

Rakor ini bertujuan untuk melakukan sinkronisasi dan konsolidasi terhadap pelaksanaan tugas dan Fungsi MPWN dan MKNW sebagai respon dari perkembangan hukum dan masyarakat, salah satunya dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 17 Tahun 2021 tentang Tugas dan Fungsi, Syarat Dan Tata Cara Pengangkatan Dan Pemberhentian , Struktur Organisasi , Tata Kerja, dan Anggaran.

Ditambahkan pula Majelis Kehormatan Notaris. Dalam rangka memperkaya wawasan dan pengetahuan peserta, dihadirkan narasumber dari berbagai stackeholder di antaranya Ditjen AHU, MPPN, MKNW, PPATK, Polri, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, dan lain-lain. Untuk optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi, kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan anggota MPWN dan PAW MKNW oleh Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Cahyo Rahadian Muzhar.

 Dalam amanatnya, Dirjen AHU menyampaikan bahwa Presiden sangat sangat mendorong adanya percepatan pertumbuhan ekonomi melalui penyederhanaan regulasi dan peningkatan peringkat Ease of Doing Bussiness, ditambah dengan adanya Pandemi Covid-19, saatnya Indonesia bangkit dari keterpurukan ekonomi. Dalam hal ini notaris sebagai pejabat pembuat akta otentik berperan penting dalam memberikan kepastian hukum terhadap investasi dan aktivitas ekonomi masyarakat sebagai energi besar pembangunan nasional. Untuk itu peran strategis MPWN dan MKNW sangat diharapkan untuk melakukan pengetatan pembinaan dan pengawasan terhadap notaris untuk menghindari adanya ketidakpastian hukum dalam pelaksanaan jabatan notaris.

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Ngatiyana Buka Kegiatan Peningkatan Wawasan Kebangsaan Sesuai Nilai-Nilai Pancasila
Jamintel Kejagung Buka Sosialisasi Pengamanan Pembangunan Strategis PSN Kementrian PU
Ditjen PAS Berkontribusi Gagalkan Peredaran 1,129 Ton Sabu Jaringan Internasional
Jaminan "Kepastian dan Keadilan dalam RUU KUHP
56 Tahun Lemhannas, Sekjen Kemenkumham ; "Satu Nafas Dengan Kebangkitan Nasional"