8 Persen Anggaran Dana Desa Kecamatan Rajagluh Untuk Pencegahan Covid-19

  • Audin
  • Senin, 7 Juni 2021 | 17:16 WIB
foto

Majalengka, Zoanbandung.com,- Pemerintah Desa di kecamatan Rajagaluh Kabupaten majalengka mengalokasikan anggaran khusus dari dana desa untuk antisipasi pencegahan penyebaran virus covid-19 di wilayah masing-masing dengan Anggaran 8% di ambil dari dana desa yang diterima oleh masing-masing desa.

langkah tersebut diambil berdasarkan Surat Edaran dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tentang desa tanggap Covid-19. Menurut Camat Rajagaluh R Mochammad Shoddiq mengatakan, anggaran yang 8% akan difokuskan pada keperluan operasional dalam melakukan pencegahan COVID-19 berupa pengadaan APD, cairan desinfektan, sanitizer, masker Dan pengadaan posko dan beberapa barang lainnya, yang akan digunakan Satgas Covid-19. Senin (7/6/2021).

Saat disinggung berapa besaran anggaran dana desa untuk penanganan covid-19, Shoddiq menyebut proposionalnya sesuai dengan surat edaran dari kementerian bila proposal tidak sesuai maka proposal tersebut akan di kembalikan.

"Sebelumnya telah menyosialisasikan kepada semua desa terkait hal itu. Para kepala desa nanti dapat bermusyawarah untuk menanggulangi dan pencegahan wabah virus covid-19.

Lanjut dia mengatakan, selain itu pihak pemerintah kecamatan memiliki program SIMAMA (sinergritas Umaro ulama dan masyarakat) implementasi dari kegiatan itu bersama Forkompincam para kyai para ulama melakukan Jumat keliling ke tiap Masjid yang ada di kecamatan Rajagaluh dalam kegiatan Jumat keliling itu disampaikan tentang pencegahan dan penanganan covid-19.

"Masyarakat untuk tidak panik dan tetap waspada di tengah wabah virus covid-19 ini. Terus menjalankan pola hidup bersih dengan mencuci tangan, menjaga jarak tidak berkerumun selalu menggunakan masker upaya tersebut sebagai bentuk pencegahan.

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Sayur Hidroponik Hasil Karya Warga Binaan Lapas I Madiun Akan Masuk Pasar Tradisional
Kapolda Lampung Peduli Napi, Berikan 1000 Alat Rapid Antigen Terhadap Lapas I Lampung
Kadiv Pas Kumham DKI Jakarta Ikuti Rapat Koordinasi Penanggulangan HIV/AIDS Yang Dipimpin Wagub
Kakanwil Kumham Jabar Ikut Dalam Pelantikan MPWN Di Bali
Cegah Klaster Obyek Wisata, Kapolsek Sukahaji Terus Imbau Pengunjung Taati Prokes