Tetap Cantik Meski di Dalam Lapas, Ini yang di Lakukan Napi LP Perempuan Jakarta

foto

Jakarta, Zonabandung.com -  Berada di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) tidak menghalangi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk tetap tampil cantik. Pasalnya, melalui pembinaan kemandirian, kini Lapas menyediakan fasilitas treatment wajah maupun rambut yang dapat digunakan seluruh warga binaan.

Perawatan kecantikan yang diberikan bukan melalui perawatan dokter seperti di luar sana, tapi, perawatan kecantikan ini dilakukan sendiri oleh warga binaan yang telah memiliki keterampilan di bidang kecantikan. Seperti, make up, rias rambut, facial, hingga massage, terang Kalapas Perempuan Jakarta, Herlin Candrawati kepada wartawan zonabandung.com via telepon selulernya, Selasa, 18/05/2021.

Herlin juga menjelaskan keterampilan ini didapat dari hasil pembinaan dan pelatihan-pelatihan yang erat kaitannya dengan perawatan kecantikan. Tidak sembarangan, pelatihan ini bekerja sama dengan pihak ketiga yang sudah profesional di bidangnya agar warga binaan bisa mendapatkan ilmu secara maksimal, terangnya.

“Salon ini kami jadikan sebagai sarana edukasi bagi mereka, sambil menyelam minum air, sambil belajar salon mereka sekaligus bisa mentreatment diri mereka sendiri,” pungkasnya.

Ia menambahkan, dengan adanya kegiatan pembinaan salon dapat menjadi bekal untuk mereka saat bebas nanti. Apalagi, di tengah pandemi seperti saat ini semakin susah dalam mencari pekerjaan.

“Dapat dijadikan sebagai peluang usaha untuk mereka juga, kalau sudah ada bekal kan nantinya lebih mudah untuk bisa buka salon sendiri,” imbuhnya.

Hingga saat ini, sebanyak 20 warga binaan sudah memiliki sertifikat yang menyatakan bahwa mereka sudah mampu melakukan  perawatan kecantikan, ungkap Herlin.

Ibarat pepatah, sekali melangkah dua pulau terlampaui. Peribahasa ini kita wujudkan di Lapas Perempuan Jakarta.

Walau mereka napi tapi kita bekali skill untuk bisa mandiri sekaligus mereka bisa tetap cantik selama menjalani sisa pidananya, ucap Herlin.

Editor: Topan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Kadiv PAS Kumham DKI Bersama Kepala UPT Se DKI Sinkronisasi Data Guna Vaksinasi Serentak
Deteksi Penyalahgunaan Narkoba, Petugas Pengamanan Lapas Sukabumi Kota Jalani Tes Urine
Razia Kamar Napi Secara Humanis, Petugas Lapas Binjai Sita Sejumlah Barang Terlarang
Kalapas Slawi Koordinasi Dengan Polres Untuk Rencana Vaksinasi Napi
Asimilasi di Rumah bagi Narapidana dan Anak Diperpanjang