Program P3AI Dorong Para Petani Tingkatkan Hasil Tanam

  • Audin
  • Jumat, 7 Mei 2021 | 12:59 WIB
foto

Majalengka, Zonabandung.com,- Peningkatan produksi pangan selalu menjadi topik di sektor pertanian. Upaya tersebut terus dilakukan pemerintah untuk mendorong peningkatan produksi pertanian dengan menyalurkan bantuan seperti Sarana jaringan irigasi pertanian.

Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) merupakan wadah bagi para petani pemakai air yang bersifat sosial, ekonomi, budaya dan berwawasan lingkungan.

P3A Desa Sindang wangi kecamatan Sindang wangi Kabupaten Majalengka mendapatkan kucuran anggaran sebesar Rp 195 juta untuk membangun saluran irigasi yang saat ini sedang dalam pekerjaan.

Ketua kelompok P3A mekar Girilaya Desa Sindang wangi Samsuri mengatakan, jaringan irigasi berfungsi untuk mengairi lahan pertanian termasuk sawah.

"Pembangunan irigasi yang dilaksanakan oleh P3A mekar Girilaya kegiatan tersebut sesuai dengan rencana pembangunan Karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak dan peningkatan hasil produksi pertanian,” ujarnya. Jumat (7/5/2021).

Sementara menurut sekertaris P3A Dedi Irawan yang diwakili oleh kasi ekbang desa Sindang wangi Udin Zen mengatakan, Program P3-TGAI dilaksanakan secara swakelola melalui pemberdayaan dan partisipasi aktif masyarakat.

Adapun anggaran yang dialokasikan senilai Rp 195 juta. "Dalam program tersebut masyarakat dilibatkan dalam pembangunan tersebut, karena Program kerja dan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat serta meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

Lanjut dia menambahkan, Program ini sangat bermanfaat bagi pertanian untuk mengatasi kekurangan air saat kemarau dengan dibangunnya jaringan irigasi areal persawahan bisa terairi.

"Meskipun sekarang sedang dilaksanakan perbaikan irigasi namun belum dinyatakan tuntas karena saluran ini sangat panjang dan perlu pembangunan lanjutan, ada sekitar satu paket lagi yang perlu direhabilitasi, mudah mudahan pemerintah dapat membantu kembali untuk menyalurkan bantuan ditahun depan.

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Aparat Polsek Kertajati Gelar Operasi Yustisi Sasar Minimarket
Kepala KPLP Perempuan Jakarta Imbau Anggota Untuk Patuhi 3 Kunci Pemasyarakatan Maju
Diduga Korsleting Listrik, 4 Kios Pasar Cigasong Terbakar
Cegah Klaster Obyek Wisata, Kapolsek Sukahaji Terus Imbau Pengunjung Taati Prokes
Kemenkumham Jamin Bantuan Hukum bagi Petugas Pemasyarakatan dalam Penanganan Napi Teroris