Tersangka Kasus Korupsi PD SMU Akan Segera Disidangkan

  • Audin
  • Kamis, 29 April 2021 | 04:22 WIB
foto

Majalengka, Zonabandung.com,- Berkas perkara tersangka kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di perusahaan daerah Sindang Kasih Multi Usaha (PDSMU) sudah dinyatakan lengkap (P21), Kajari Majalengka akan segera menyerahkan ke Pengadilan Negeri Bandung.

Tersangka JN yang mana sekaligus sebagai mantan Direktur perusahaan BUMD tersebut kini sudah ditahan.

“Ya, Tim Jaksa Penuntut Umum peneliti berkas perkara dugaan tindak pidana korupsi BUMD Pemkab Majalengka (PDSMU,-red) yang diketuai oleh Kasi Pidum, Faisal Amin telah menyatakan lengkap (P21,-red), sehingga perkaranya siap untuk disidangkan,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Majalengka, Dede Sutisna melalui Kasi Pidsus, Guntoro Janjang, Rabu (28/4/2021).

Dede Sutiana

dinyatakannya berkas perkara lengkap, maka tugas jaksa penyidik selanjutnya menyerahkan tersangka dan barang bukti kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU). oleh JPU akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Bandung pada Pengadilan Negeri Bandung.

“Penyerahan tersangka dan barang bukti (tahap 2) dari Jaksa Penyidik kepada Jaksa Peneliti secepatnya akan dilaksanakan sebelum hari raya lebaran,”

Menurutnya, dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan dana usaha PDSMU salah satu BUMD milik Pemkab Majalengka terus bergulir, terutama setelah Jaksa Penyidik menahan tersangka pada, Selasa (30/3).

"pada Jumat (9/4) yang lalu, Jaksa Penyidik juga menyita aset tersangka berupa tanah dan bangunan yang terletak di Jalan Raya Majalengka-Cirebon.

“Dari hasil audit kerugian negara yang dilakukan oleh BPKP (Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan) Provinsi Jawa Barat di Bandung terhadap kasus dugaan korupsi tersebut, terdapat kerugian negara sebesar Rp1,99 miliar.

Sementara, penyidik tindak pidana khusus Kejari Majalengka telah menyita uang tunai sebesar Rp. 650.700.000.

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Ditjen PAS Berkontribusi Gagalkan Peredaran 1,129 Ton Sabu Jaringan Internasional
Dirjen PAS Dorong Pemda dan POKMAS Aktif Dukung Pembinaan Warga Binaan
Tim Inafis Masih Dalami Penyebab Kebakaran di Pasar Cigasong Majalengka
Setelah Meraih WBK, Lapas Perempuan Jakarta Optimis Dapat Meraih Predikat WBBM
Kakanwil Kemenkumham Jabar Ikuti Peringatan Harlah Pancasila Secara Live Streaming Dengan Presiden RI