Pisang Isi Sabu Ditangkap Petugas Lapas Tanjung Balai

foto

Tj Balai - zonabandung.com -  Petugas Lapas Tanjung Balai Provinsi Sumut kembali berhasil menggagalkan masuknya narkoba kedalam Lapas melalui penitipan makanan, Kamis sore kemarin, 22/04/2021.

Penggagalan itu bermula dari seorang pengunjung bernama Berta Pasaribu  hendak menitipkan barang makanan untuk warga binaan.
" Sudah Protap ( prosedur tetap ) setiap barang dan makanan yang dititipkan harus di geledah".

Saat digeledah makanannya ditemukan sebuah pisang didalam bungkusan tersebut. Saat yang sama pisang yang terbungkus plastik hitam itu dibuka petugas Lapas, Jacky Tan dan ditemukanlah narkoba jenis sabu, ungkap Kalapas Tanjung Balai, Muda Husni  kepada wartawan zonabandung.com melalui sambungan telepon, Jumat, 23/04/2021.

Barang bukti narkoba jenis sabu seberat 2.16 gr dan pembawa makanan tersebut diserahkan ke  Satnarkoba Polres Tanjung Balai guna penyelidikan lebih lanjut, terang Husni.

Husni menjelaskan sudah tiga kali sejak Januari hingga saat ini petugas Lapas berhasil menggagalkan masuknya narkoba kedalam Lapas.

" Saya baru 3 bulan menjabat di Lapas Tanjung Balai ini dan sudah tiga kali petugas kami  berhasil melakukan penggagalan. Dimana dua kali melalui lemparan dan satu kali melalui barang titipan makanan pisang", jelas Husni.



Dalam rangka pencegahan dan peredaran gelap narkoba didalam Lapas, seluruh petugas Lapas selalu rutin diingatkan dan diinstruksikan agar menjunjung tinggi integritas dan jangan terlibat narkoba.
Demikian pula terhadap seluruh warga binaan setiap hari sudah diingatkan dan diberikan pemahaman akan bahaya narkoba.

" Sayangi dirimu dan keluarga. Bersyukur telah menjadi pegawai Lapas dan cintai pekerjaanmu", Kalimat ini selalu disampaikan ke petugas untuk memperkuat integritas mereka, ujar Husni.

Untuk warga binaan, Kalapas juga telah memberikan sosialisasi dan penguatan agar jangan bangga kalau betah didalam Lapas. Jauhi narkoba dan perbaiki perilaku agar cepat pulang ketengah keluarga sehingga hidupnya dapat bermanfaat bagi diri sendiri maupun keluarga, pungkasnya.

Lapas Tanjung Balai kini telah dihuni 1123 orang, dimana 990 diantaranya adalah kasus narkoba, jelas Husni.

Tambah Husni, walau letak geografis Lapas dekat dengan pelabuhan laut, pihaknya tetap secara ketat melakukan pengawasan dalam pencegahan masuknya narkoba kedalam Lapas.

" Intinya, petugas Lapas Tanjung Balai tidak pernah melakukan pembiaran peredaran dan penyalahgunaan narkoba didalam Lapas".
Itu sudah komitmen yang kami buktikan dengan sinergitas dengan Aparat Penegak Hukum ( APH ) baik Kepolisian maupun BNN untuk siap bekerjasama membongkar jaringan narkoba khususnya didalam Lapas, tegas Husni.

Selain sinergitas dengan APH, pihak Lapas juga telah rutin melakukan deteksi dini gangguan kamtib melalui razia kamar hunian warga binaan, terang Husni.

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Lapas Probolinggo Bantu Satnarkoba Polres Ungkap Dugaan Pengedar Pil Koplo
Lapas Bengkulu Bekali Pengetahuan Hukum Terhadap Napi Melalui Lomba Kadarkum
Ciptakan Generasi Berprestasi, Indihome Gelar Kompetisi
Sinergitas Lapas Kuningan Dengan Polres Ungkap Jaringan Narkoba
Napi Lapas Perempuan Jakarta Dilatih Paskibraka