IKAFLORA Bandung Galang Dana Banjir Bandang Untuk Adonara Lembata

foto

Cimahi, Zonabandung.com,- Ikatan masyarakat Flores Timur daratan, Lembata, Solor dan Adonara yang disingkat dengan IKAFLORA Bandung melakukan Aksi penggalangan bantuan dana akibat banjir bandang dan longsor yang terjadi di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terjadi pada hari minggu, (4/4/2021) yang lalu hingga sekarang masih terus berjalan.

Pada rabu (7/4/2021) malam panitia penanggulangan dibentuk dan mendeklarasikan diri sebagai tim putera daerah yang peduli akan kampung halamannya di Provinsi Nusa Tenggara Timur khususnya Lembata dan Adonara kabupaten Flores Timur.

Menurut Ketua Panitia, Laurent Labuan mengatakan bahwa dimana kedua lokasi ini yang paling parah diterjang banjir bandang hingga hingga memporakporandakan ratusan hektar lahan dan rumah warga tenggelam dan hilang dibawa banjir hingga korban jiwa mencapai 77 jiwa dan sebagian lagi hilang hingga saat ini belum ditemukan.

Dampak dari banjir bandang dan puting beliung yang menerjang daratan NTT menyisahkan penderitaan dan terus memperparah ekonomi masyarakat jika tidak dengan segera diselamatkan, beruntung pengakuan masyarakat paska bencana langsung dikunjungi pejabat daerah hingga Menteri Sosial langsung turun tangan kelokasi kejadian termasuk mengerahkan personil TNI/POLRI dan lembaga penyelamat Badan Penanggulangan Bencana Daerah termasuk TAGANA dan lain sebagainya.

"Tidak hanya bantuan tenaga, tetapi reaksi bantuan darurat hingga dapur umum langsung diadakan dan terus berdatangan hingga saat ini," kata Laurent Labuan.

Laurent Labuan menjelaskan bahwa sebagai putera daerah Flores Timur yang tinggal dan menetap di kota Bandung tidak diam diri dan langsung bereaksi sehingga dalam waktu yang relatif singkat bantuan uang dan pakian sudah mulai terkumpul melalui posko panitia penanggulangan bencana untuk Lewotanah yang beralamat di Jalan AH. Nasution no. 950 Cikadut kota Bandung.

Sehinggga menurut ketua panitia Laurent Lebuan aksi sosial yang digalang dengan semangat membantu sesama tanpa membedakan kelompok suku dan latar belakang golongan tertentu, harus kita kesampingkan dan kedepankan kepekaan dan kepedulian sosial kepada siapa saja yang mengalami musibah dan membutuhkan uluran tangan dari sesama anak bangsa, sekarang ini giliran musibah mengancam kami di NTT Khususnya Flores Timur tapi besok lusa kita tidak tahu menimpa siapa lagi di tanah air yang kita cintai ini.

Laurent Labuan menghimbau dan mengajak semua kalangan untuk datang peduli membantu dan menghibur sesama kita yang berduka di kawasan Indonesia Timur dengan memberi dari kekurangan dan sukacita .

"Untuk merealisasikan bantuan sampai kepada yang berhak menerima, kami panitia bencana banjir bandang IKAFLORA di kota Bandung sudah membuka akses pengiriman langsung kepada pemerintah daerah ataupun tokoh agama baik itu melalui gereja dan DKM masjid yang ada dilokasi bencana wilayah Adonara dan Lembata, karena dua daerah ini menelan banyak korban jiwa dan melululantakan ratusan rumah hingga tersisa hanya baju di badan termasuk sebagian keluarga mereka juga meninggal bahkan hingga sekarang masih banyak jenazah yang belum ditemukan," papar Laurent.

Laurent Labuan berharap kepada seluruh masyarakat untuk bisa membantu saudara kita yang lagi kena musibah dengan membantu berdonasi untuk membantu kehidupan saudara kita disana.

Donasi : Rekening Bank BCA AC.1571221514 a/n. Silvester D.Lajar.

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Plt.Walikota Cimahi Ajak Warga Agar Lakukan Pembayaran PBB Lebih Awal
Dispangtan Kota Cimahi Gelar Bazzar Pangan Murah
Para Ketua DKM Jadi Satgas Covid-19 Untuk Pantau Pelaksanaan Salat Tarawih
WBP Lapas I Lampung Dibekali Skill Jahit dan Sablon Kerjasama Dengan Konveksi TJTS
Tarif Air Bersih BLUD di Kota Cimahi Resmi Naik