Back Up Lapas Nusakambangan, Tiap Wilayah Diharap Bentuk Blok Khusus Kasus Narkoba

foto

Pekanbaru, Zonabandung.com - Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Reynhard Silitonga, tinjau blok pengendali narkoba Lapas Kelas IIA Pekanbaru, Minggu 21/2/2021.

Blok ini sedianya disiapkan untuk narapidana risiko tinggi kasus penyalahgunaan dan peredaran narkoba untuk wilayah Riau. Kini blok telah diisi 15 narapidana kategori high risk kasus narkoba,

Dalam kesempatan itu, Reynhard yang didampingi Kakanwil Kemenkumham Riau, Ibnu Chuldun bersama Kepala Badan Narkotika Provinsi Riau, Brigjen Pol. Kenedy, Wakapolda Riau, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau, Maulidi Hilal serta Kepala Lapas Pekanbaru menjelaskan penghuni seluruh Lapas dan Rutan Indonesia saat ini mayoritas adalah kasus narkoba. Ada yang berstatus pemakai, kurir, hingga bandar besar, terang Reynhard.

"Disatukan dalam satu tempat, maka bisa terbentuk seperti pasar karena bertemunya pemakai, kurir, dan bandar. Maka, sebisa mungkin hal seperti ini kita hindari," terangnya.

"643 narapidana bandar narkoba dari seluruh Indonesia telah dipindahkan ke Lapas High Risk Nusakambangan.

Namun, mengingat keterbatasan tempat, maka dengan adanya blok pengendali narkoba seperti yang ada di Lapas Pekanbaru, maka hal ini akan sangat membantu," Jelas Reynhard.

Dirjenpas mengapresiasi langkah Kakanwil Kemenkumham Riau atas inisiatif merancang dan membuat blok pengendali narkoba dan melakukan pengklasifikasian tingkat risiko narapidana untuk memastikan terwujudnya pembinaan Pemasyarakatan yang baik.

"Ini adalah salah satu bukti komitmen keseriusan Pemasyarakatan selalu ada bersama Kepolisian RI, Badan Narkotika Nasional, dan masyarakat dalam semangat perang terhadap narkoba," tegas Reynhard dalam konferensi pers yang digelar sesaat setelah meninjau blok pengendali narkoba Lapas Pekanbaru.

Reynhard berharap langkah Kanwil Kemenkumham Riau dapat dicontoh wilayah lain sebagai backup bagi Pulau Nusakambangan dari tiap wilayah, tegasnya.

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Lapas Slawi Sinergi Dengan APH Deteksi Dini Gangguan Kamtib Melalui Razia Kamar WBP
Karutan Padang Dan Tenaga Medis Telah Divaksin, Petugas Lainnya Menyusul
Bupati Karna Sobahi: Pers Harus Tetap Menjadi Kontrol Sosial
BKPM Bersama HIPMI Fasilitasi Kemitraan Investor Besar Dengan UMKM
IIPG Meriahkan HPN 2021 Lewat Bantuan Sembako untuk Masyarakat