Olahan Sereh Wangi Buatan Dandim Majalengka di Apresiasi istri Gubernur

  • Audin
  • Minggu, 31 Januari 2021 | 20:48 WIB
foto

Majalengka, Zonabandung.com,- Isteri Gubernur Jawa Barat yang juga Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat Hj. Atalia Praratya S. IP, M. Ikom, mengunjungi perkebunan Sereh Wangi yang ditanam Komandan Kodim 0617 Majalengka Letkol (Inf) Andik Siswanto, yang berlokasi di Desa Bayureja Kecamatan Sindang Kabupaten Majalengka.

Ketua Relawan Jabar Bergerak ini mengapresiasi penanaman Sereh Wangi yang diinisiasi Dandim 0617 Majalengka, karena telah memberikan banyak manfaat dan salah satunya menghasilkan wedah uwuh untuk meningkatkan imun tubuh.

"Saya melihat pemberdayaan disini sangat luar biasa dibawah pimpinan Pak Dandim bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Majalengka, masyarakat dan Jabar Bergerak. Penanaman sereh ini, menjadi bukti keterlibatan masyarakat menjadi berdaya dan mandiri,"katanya.

Atalia juga merasa bangga karena dari Sereh Wangi sudah diolah menjadi beberapa produk olahan seperti minyak angin, wedang uwuh, pewangi ruangan, pewangi pakaian, hand sanitizer dan yang lainnya.

"Saya melihat bagaimana lahan yang tadinya tidak produktif menjadi produktif, sehingga tercipta pemberdayaan ekonomi masyarakat serta ke arah ke Pariwisata,"paparnya.

Pihaknya juga berharap ada pengembangannya lainnya di lokasi ini seperti peternakan. Sehingga dapat memberikan dampak luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat di Desa Bayureja pada khususnya, umumnya masyarakat Majalengka.

Sementara itu, Dandim 0617 Majalengka, Letkol (Inf) Andik Siswanto menuturkan, di tengah meningkatnya Pandemi Covid-19 ini, menjaga imunitas sangat penting untuk mencegah terjangkitnya virus di dalam tubuh.

Salah satu hasil olahan dari penanaman sereh wangi ini menghasilkan wedah uwuh yang sudah terbukti mampu melawan Covid-19. "Ini bukan promosi, tapi silakan cek di lapangan ke beberapa pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri.

Setelah rutin minum wedah uwuh, Alhamdulillah atas izin Allah hakekatnya, ikhtiarnya minum wedang ini, semua sembuh," katanya.

Masih dikatakan dia, saat ini cara yang paling efektif dalam mencegah penularan Covid-19 adalah dengan menerapkan protokol kesehatan. Akan tetapi, kondisi itu perlu ditopang dengan peningkatan daya tahan tubuh untuk meningkatkan imunitas.

Latar belakang itulah yang mendasari pihaknya mencoba membuat formula baru dalam membuat wedang dengan bahan dasar rempah-rempah yang kandungan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

"Di antara kandungan kimia dalam rempah-rempah seperti jahe, sereh, daun pala, cengkeh, kayu secang, cengkeh itu dapat meningkatkan imun tubuh, sehingga ketika ada penyakit atau virus masuk, mampu melawannya," ujar Andik.

Dikatakan dia, pembuatan minuman yang dikemas dalam wedang jahe dengan bahan cengkeh, sereh wangi, daun pala, jahe, ini bisa menjadi alternatif menjaga kesehatan. Minuman hangat penuh hasiat ini diberi nama 'Wedang Uwuh Sugih Mukti'.

"Wedang sereh wangi yang kami buat itu bukan hanya sekadar teori tapi sudah diproduksi dan dinikmati dalam jumlah besar. Khasiatnya selain meningkatkan imunitas tubuh juga untuk menurunkan kolestrol, kaya akan antioksidan, menyegarkan badaan, serta melancarkan sirkulasi tubuh.

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Blok C2 Lapas I Lampung Disidak Malam Hari, Tak Temukan Narkoba
Kukuhkan Satops Patnal, Kakanwil Kumham Jatim Tekankan Integritas Pegawai
Galon Cat Berisi Narkoba Ditangkap Petugas Lapas Kediri
Akses Wisata Panyaweuyan Tertutup Longsor
Napi Santri Lapas I Medan Aktif Belajar Ilmu Tauhid dan Fiqih Didalam Lapas