Pemkot Cimahi Berharap Rampungkan Fisik MPP Dimulai Awal 2021

foto

Cimahi, Zonabandung.com,- Pemkot Cimahi berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan Mall Pelayanan Publik (MPP), rencananya, pengajuan dokumen lelang akan dilakukan akhir tahun 2020, agar awal tahun 2021 segera bisa dilakukan pembangunan.

Jika sudah disahkan dalam waktu dekat ini, dokumen lelang dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cimahi bakal segera dimasukan ke Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Cimahi.

"Setelah ketuk palu penganggaran, kita langsung persiapan lelang," kata Kepala Bidang Tata Bangunan pada DPUPR Kota Cimahi, Deni Herdiana, di ruang kerja, Pemkot Cimahi, Jln. R.D Hardjakusumah No.1, Kota Cimahi, Rabu (18/11/2020).

Seharusnya, pembangunan lanjutan MPP yang terletak di Jalan Aruman, Kota Cimahi dilaksanakan tahun ini. Namun dipastikan gagal sebab dalam dua kali proses lelang tidak ada satupun perusahaan yang memenuhi syarat.

Dikatakan Deni, percepatan proses lelang ini dilakukan untuk mengantisipasi kegagalan serupa tahun ini. Jika lelang dilakukan akhir tahun ini, maka proses fisik bisa dilaksanakan tahun depan.

Kemudian jika kegagalan lelang terulang, maka lelang lanjutan bisa dilaksanakan awal tahun 2021. "Karena takut gagal lelang lagi, kita sudah persiapan nih. Kalau gagal, Januari bisa mulai lagi. Jadi banyak waktu," ujar Deni.

Untuk menuntaskan MPP tahap kedua ini, pihaknya sudah mengajukan anggaran 53,5 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) pemerintah pusat dan APBD murni Kota Cimahi. Khusus DID, merupakan dana tahun ini yang tidak terpakai namun tetap dipertahankan oleh pemerintah pusat untuk dimasukan dalam APBD 2021.

"DID-nya itu Rp 48 miliar, sisanya APBD sekitar Rp 5 miliar," terang Deni.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa pada Setda Kota Cimahi, Ainul Yakin menambahkan, pelaksanaan lelang sendiri normalnya sekitar 45 hari jika berjalan sesuai jadwal yang sudah direncanakan. Sebab ada beberapa proses yang harus dilaksanakan.

"Normalnya kan 45 hari. Dari mulai pendaftaran, pemeriksaan administrasi, evaluasi dan sebagainya," terang Ainul.

MPP sendiri dibuat sebagai sentra pelayanan terpadu berbagai instansi. Dari mulai pelayanan perizinan, pembuatan administrasi kependudukan, imigrasi dan sebagainya.

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Kapolda Jabar Pimpin Sertijab 7 Kapolres
Operasi Yustisi Di Wilayah Cikijing Dapati 17 Orang pelanggar Prokes
Sayur Kangkung Isi Sabu Ditangkap Petugas Lapas Cianjur
Kalapas Garut Temukan Narkoba dan HP Saat Rajia Kamar Napi
Patroli Malam Penerapan 3M Kepada Warga Sekaligus Bagi Masker Gratis