Belum Berizin, Pemilik Tower di Cimahi Kena Denda 50 Juta Rupiah

foto

Cimahi, Zonabandung.com -- Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bale Bandung telah menetapkan sanksi terhadap dua pemilik menara tower yang belum melengkapi perizinan, dalam sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) yang digelar di Aula Kecamatan Cimahi Utara, Jl. Jati Serut No.12 Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Senin (16/11/2020).

Sanksi yang diberikan kepada pemilik menara atau tower PT. Inti Bangun Sejahtera (IBS) dan PT. Tower Bersama Group (TBG) tersebut berupa denda dengan nilai berbeda.

Kabid Penegakan Perda Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi Syamsul Maarif menanggapi terkait sanksi yang diterapkan, menurutnya semua tergantung pandangan hakim untuk memutuskan dengan melihat pasal yang dilanggar.

"Kalau prediksi saya kalau untuk menara tower PT. IBS, mereka sudah dikasih peringatan tapi tetap berdiri. Wedangkan untuk PT. TBG yang berada di Kelurahan Cipageran, mereka ada itikad baik untuk membongkar menara tower tersebut," ujar Syamsul.

Untuk menara PT. IBS yang beralamat di Jl. Ibu Ganirah gang Giri Mekar RT 01 RW 15, Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi, dikenai denda sebesar 50 juta Rupiah.

Sedangkan menara PT. TBG yang terletak di Karya Bakti RT 01 RW 15, Kp. Lebak Saat, Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara, kena denda sebesar 20 juta Rupiah.

Selain itu, sidang Tipiring yang dipimpin Hakim Priyono SH, juga menetapkan sanksi terhadap para pedangan kaki lima (PKL) yang melanggar.

Besaran denda yang harus dibayarkan para PKL rata-rata Rp. 50 ribu, sedangkan untuk penyimpanan alat berat yang berada di Jl. Kihapit Kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan dan asrama berbayar, dikenai denda sebesar 3 juta Rupiah.

Turut hadir di persidangan tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Cimahi Ari Sulton Abdullah. SH, dan Kepala Seksi (Kasi) Penyidikan dan Penyelidikan Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi Muhammad Faisal.

Editor: Shelly Sillviana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Cegah Covid-19, Polisi Dan Muspika Bubarkan Lomba Kicau Burung
Tumis Cumi Berisi Narkoba Ditangkap Petugas Lapas Sukabumi Kota
Kemenkumham Jabar Berikan Bantuan Korban Bencana Alam Di Sumedang
Bupati Majalengka Karna Sobahi Siap Jadi Orang Pertama Di Vaksin Covid-19
Giat Sambang Desa Mensosialisasikan Pencegahan Covid-19