Panitia Seleksi Disdik Cirebon Diduga Pungli dari Calon Pengawas dan Penilik

  • Audin
  • Sabtu, 7 November 2020 | 12:04 WIB
foto

Cirebon, Zonabandung.com -- Oknum panitia uji kompetensi di Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cirebon diduga melakukan pungli kepada lima orang pada seleksi calon pengawas Dan penilik, uang senilai 10 juta per orang dengan dalih untuk administrasi orang kementerian pungutan tersebut diduga DI salah seorang kasi di Disdik Kabupaten Cirebon dan ASK pengawas pendidikan Kabupaten Cirebon.

"Salah seorang kasi dan temannya itu adalah panitia meminta uang untuk proses proses seleksi calon pengawas dan penilik atau pungsional, uang senilai 10 juta per orang tersebut untuk proses persyaratan," kata salah seorang narasumber yang namanya tidak mau disebutkan.

Dia menyebutkan, kejadian tersebut sudah selesai dan bekerja ditempat baru menjadi pengawas. Panitia seleksi diduga memungut uang kepada calon pengawas dan penilik, panitia tersebut dari Disdik Kabupaten Cirebon salah seorang kasi berinisial DI dan salah seorang pengawas berinisial ASK Mereka meminta uang senilai 10 juta per orang.

"Diduga untuk tes atau uji kompetensi menggunakan joki hingga pihak penyelenggara sudah bisa menentukan kelulusannya, mereka bilang uang tersebut berdalih untuk orang Ditjen Kementerian bahkan sekarang ada lagi kuota yang kosong bagian pungsional anehnya orang yang baru punya posisi jabatan di struktural dan baru satu Minggu diikutkan lagi dengan tujuan mengisi kekosongan jabatan fungsional," ungkapnya.

Kepala dinas pendidikan kabupaten Cirebon Drs H Asdulah SA MM. menyebutkan, dalam proses tersebut tidak pernah ada pungutan, proses yang Lima orang kemarin itu ada panitianya.

"Tolong sebutkan siapa orang dinas pendidikan atau panitia yang meminta untuk saya tegur mereka jangan sampai ada info hoax atau info yang memitnah lembaga pemerintah karenai informasi tersebut baru saya dengar.

Sementara Kepala BKPSDM kabupaten Cirebon Dr Iis Krisnandar SH mengatakan, masalah adanya dugaan pungli itu bukan ranah saya.

"Disini atau di BKSDM hanya menginformasikan kekosongan kuota pegawai negeri serta persyaratan yang lengkap, Sabtu (7/11/2020).

Editor: Shelly Sillviana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Pemkot Cimahi Berharap Rampungkan Fisik MPP Dimulai Awal 2021
Didi Irawadi Berikan Bantuan Sembako Kepada Korban Banjir di Ciamis
Doa Bersama Peringati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW
Petugas Lapas Garut Tangkap Petugas Lapas Bawa Narkoba
Pepep S Hidayat: Sambut Rebana Pemkab Majalengka Dinilai Tak Memiliki Daya Tawar