Skyscraper
Skyscraper

Ketua RT dan RW Desa Balida Dapat BLT Dana Desa dan Bansos Jabar

  • Audin
  • Rabu, 20 Mei 2020 | 14:10 WIB
foto

Majalengka, Zonabandung.com -- Seharusnya bansos provinsi Jawa Barat BLT Dana Desa adalah bantuan untuk masyarakat yang ada dibawah digaris kemiskinan dan terdampak Besaran BLT dana desa yang diterima oleh masyarakat adalah Rp. 600.000,- perbulan/keluarga selama bulan April hingga Juni.

"Namun hampir semua ketua RT maupun RW di Desa Balida kecamatan Dawuan kabupaten Majalengka dapat bantuan BANSOS BLT pemerintah provinsi Jawa barat dan BLT dana desa diduga ada permainan dalam validasi data," kata salah seorang narasumber yang namanya tidak disebutkan.

"Seharusnya pemerintah desa lebih mementingkan masyarakat karena masyarakat terdampak covid-19 banyak yang perlu perhatian dan perlu bantuan intinya harus masyarakat dulu yang kedepankan untuk dibantu selain itu ketua RT dan RW dapat insentif dari pemerintah serta RT dan RW itu mereka yang mendata masyarakat, "kesal narasumber.

Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Desa PPDT Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Desa, PPDT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

Tujuannya adalah membantu masyarakat miskin yang rentan secara ekonomi dan sosial untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari selama pandemi Covid-19.

"Memang benar ada beberapa ketua RT dan RW yang mendapat bantuan dari BLT dana desa tapi tidak semua dapat, itu juga termasuk keluarga miskin yang harus dibantu karena melihat dari kondisi keadaan di rumahnya," kata Aay Iriando kepada desa Belida saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Rabu (20/5/2020).

Menurutnya, BLT itu memang untuk masyarakat yang terdampak covid-19 atau ekonomi rawan miskin, RT dan RW itu terdampak wajar jika mereka mendapatkan program bantuan sosial tapi tidak semua ketua RT dan RW dapat.

"Ketua RT dan RW juga mendapat bantuan sosial dari pemerintah provinsi Jawa Barat jadi tidak semua RT dan RW dapat bantuan dari BLT dana desa dan memang ada beberapa ketua RT RW dapat bantuan dari dana desa," tandasnya.

Editor: Shelly Sillviana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Dua Motor Tabrakan dengan Microbus, Satu Orang Meninggal Dunia
Pemuda Pemudi Persis Bagikan Sembako dan Masker, Ini Sangat Meringankan Mereka
Lapas Kls IIA Bogor Tingkatkan Imtaq Napi di Bulan Ramadhan 1441 H
Tuntut Adil Dalam Mendata BLT, Warga Desa Teja Aksi Demo
Kalapas Cibinong Bantah Tidak Ada Napi Bebas Sebanyak 2800, Itu adalah HOAX