Skyscraper
Skyscraper

Oknum Perangkat Desa Diduga Lakukan Pungutan Dari Penerima Program BPNT

  • Audin
  • Senin, 23 Maret 2020 | 20:48 WIB
foto

Majalengka, Zonabandung.com,- Oknum perangkat Desa diduga telah melakukan pungli terhadap penerima Bantuan pangan non tunai (BPNT) yang diterima masyarakat blok Kalijaya desa Kertasari kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka, Senin (23/3/20).

"Selain melakukan pungutan dengan cara meminta uang senilai Rp 30 ribu dari penerima BPNT, perangkat desa tersebut, juga ikut bermain dalam harga satuan sembako, akhirnya jika diperhitungkan dengan harga normal jumlah yang diterima masyarakat penerima BPNT hanya Rp.160 ribu  dari nilai saldo yang ada dalam ATM penerima yang nilainya sebesar Rp 200 ribu" "Kata salah seorang yang namanya minta dirahasiakan.

Sumber tersebut menuturkan, harga bahan sembako yang diberikan kepada penerima program dengan rincian Beras 10 kg dengan harga Rp.10 ribu per-Kgnya, jadi kalau ditotal jumlah Rp 100.000, dan telur 14 butir dengan harga Rp.27 ribu, kacang panjang satu ikata Rp. 5 ribu, ikan bandeng 4 ekor harga  Rp.10 ribu, manggis 7 biji dengan harga Rp.15 ribu, tahu tempe seharga Rp.10 ribu.

"Padahal dalam saldo penerima program bantuan pangan non tunai senilai Rp 200 ribu, tapi kenapa hanya diberi sembako dengan Rp 160 ribu, berarti itu ada unsur mencari keuntungan dari orang miskin yang seharusnya dibantu.

Uang dari penerima manfaat, pemberian sembako juga tega dikurangi" ujar sumber.

Kepala desa Kertasari Cahyono tidak berhasil ditemui, "Maaf kepala desa sedang tidak ada di kantor desa, dia sedang keluar", kata salah seorang perangkat desa.

Sementara, Asep Supartono sebagai Kaur Keuangan yang diduga melakukan pungutan kepada penerima program bantuan pangan non tunai saat dihubungi via telepon seluler tidak memberi jawaban.

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Kapolda Jabar Sebagai Irup Upacara Penutupan Pelantikan Sumpah Diktup Bintara Polri T.A 2019-2020
Hasil Swab Test COVID-19 Wali Kota Cimahi Dinyatakan Negatif
2.000 Santri Tanam Pohon Di Bumi Perkemahan Rancaupas
Stadion Jalak Harupat Jadi Lokasi Tes Massif Covid-19
Oknum Pemilik Galian C Aniaya Wartawan dengan Balok Kayu