Wakil Wali Kota Bandung Harap Harga Swab Test Terjangkau

  • Ramdan
  • Kamis, 15 Oktober 2020 | 15:45 WIB
foto

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana

Bandung, Zonabandung.com,- Ditengah suasana pandemi Covid-19 dimana semua sektor terkena imbas termasuk sektor perekonomian yang paling terasa imbasnya. Mengenai alat test atau swab test yang dilakukan secara mandiri dirasa harus mengeluarkan biaya tidak sedikit untuk itu, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap terdapat harga swab test atau tes usap bisa lebih terjangkau. Bahkan jika memungkinkan, tarifnya di bawah harga Rp900 ribu seperti yang telah ditetapkan pemerintah pusat.
"Itu kan batas atas Rp900 ribu. Kalau memang bisa di bawah itu, ya mudah-mudahan bisa mempercepat tes masif kepada masyarakat," ujar Yana di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, (14/10/20).
Menurut Yana, tempat kesehatan bisa menyediakan alat tes. Sehingga masyarakat bisa memeriksakan diri secara mandiri. 
Tak hanya itu, ia berharap, tidak ada klinik yang menetapkan harga yang di atas, ketentuan pemerintah pusat. 
"Dinas Kesehatan nanti menegur, karena regulasinya sudah jelas itu batas atas. Mungkin ada sanksi dari dinas," tegasnya.
Perlu diketahui, Keputusan Kemenkes melalui Surat Edaran Nomor HK. 02.02/1/3713/2020 yang dikeluarkan pada 5 Oktober 2020, itu dilakukan agar bisa mengontrol serta menanggulangi perbedaan harga di labolatorium secara nasional.
Penetapan harga tes swab tersebut, telah ditetapkan bersama Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKB) dan telah mempertimbangkan berbagai macam komponen, seperti jasa pelayanan, komponen bahan habis pakai atau reagen, komponen biaya administrasi dan beberapa komponen hukum lainnya.

Sementara itu, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) terus mengimbau masyarakat tetap waspada saat pandemi corona.

Adapun pencegah virus corona yang bisa dilakukan yakni dengan cara 3M yakni :

Memakai Masker, Menjaga Jarak , Mencuci Tangan.

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Operasi Yustisi Sasar Pasar Tumpah, Cegah Penularan Covid-19 Wilayah Desa
Emil Minta Saran WHO Terkait Penyuntikan Vaksin Covid-19
PWI Kabupaten Majalengka Keluarkan Surat Himbauan Prokes Saat Peliputan
Bhabinkamtibmas Berikan Himbauan Pada Masyakarat Agar Selalu Patuhi Protokol Kesehatan
Kepala Dinkes Kota Bandung: Klaster Keluarga Menurun