Kadiv PAS Jabar Dukung Ditjen PAS Perkuat Sinergitas Dengan Polri Ungkap Jaringan Narkoba Lapas

foto

Bandung - zonabandung.com -Direktorat Jenderal Pemasyarakatan berhasil membongkar bandar besar peredaran narkoba di Indonesia jenis sabu dengan barang bukti  yang diamankan seberat 1.129 ton sabu.

Pengungkapan ini merupakan  jaringan dari Timur Tengah dan Afrika. Hasil dari kerjasama antara Ditjen PAS dengan POLRI yang terus bersinergi dalam melakukan pengawasan bersama terhadap WNA  yang merupakan jaringan peredaran narkoba internasional.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga, mengungkapkan, pengungkapan peredaran sabu ini merupakan hasil kerja keras antara  Polri dan Ditjen PAS . Yang mana bersama sama mengawasi peredaran narkotika dari dalam maupun luar lapas.

Menurutnya, pihaknya sedang fokus dalam memberantas peredaran narkoba didalam lapas ataupun di dalam rutan. Karenanya pihaknya selalu bersinergi dengan pihak APH lainnya untuk sama- sama dalam menumpas peredaran narkoba, ujar Reynhard, Senin 14Juni 2021.

Dalam memutus mata rantai peredaran narkoba dari jaringan internasional kami perlu kerjasama ataupun komunikasi saling tukar informasi dengan APH lainnya” tegasnya.

Dari hasil pengungkapan  jaringan narkoba Timur Tengah-Afrika tersebut diperkirakan nilai barang bukti mencapai Rp1.694 Triliun dan jika beredar dapat dikonsumsi sekitar 5,6 juta jiwa penduduk.

Dari data Ditjen PAS,  sepanjang tahun 2020 jaran Ditjen PAS berhasil melakukan 215 kali  penggagalan, dan sepanjang tahun 2021 berhasil dilakukan 68 kali penggagalan.

Ditempat terpisah, Kadiv PAS Kemenkumham Jabar Taufiqurrakhman mengatakan, pengawasan peredaran narkoba di dalam lapas pihaknya terus tingkatkan sinergi dgn Diresnarkoba Polda Jabar. Dan kita selalu libatkan Polda  dan BNN Jabar saat ada razia di Lapas ataupun Rutan di Jawa Barat.

Taufik menghimbau kepada Kalapas dan  Karutan untuk selalu meningkatkan sinergitas dengan jajaran Polri dan aparat penegak hukum lainnya dalam rangka mencegah dan mengungkap peredaran gelap narkoba Lapas Rutan.

" Saya berharap dengan ketatnya pengawasan di Lapas dan Rutan akan  mampu mewujudkan kondisi Lapas yang bersinar,( bersih dari narkoba)", harapnya.

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Kajati Jabar Ade Eddy Adhyaksa Di Promosikan Manjadi Sekretaris Jaksa Agung Muda Intelijen
Rutan Perempuan Bandung Kerjasama Dengan Kesdam Vaksinasi Napi
Bank bjb Bangun Pola Kemitraan dengan Prinsip Tumbuh dan Berkembang Bersama
Pemkot Bandung Mulai Salurkan Bansos Bagi Warga Terdampak PPKM
Vaksinasi Covid-19 Untuk Usia 12-17 Tahun Mulai Digelar Di Kota Bandung