Ketua Kadin Kota dan Kabupaten Di Jabar Kecewa Dengan Calon Ketua Umum Kadin Indonesia

  • Suyono
  • Senin, 7 Juni 2021 | 23:05 WIB
foto

Bandung, Zonabandung.com,- Pertemuan Calon Ketua Umum (Caketum) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid dengan Tantan Pria Sudjana baru-baru ini, mendapat tanggapan kekecewaan,protes dari para Ketua Kadin Kota dan Kabupaten di Jawa Barat.

Mereka menilai Caketum Arsjad Rasjid tak taat aturan lantaran mendatangi mantan Ketua Kadin Jabar Tantan Pria Sudjana.

"Para pelaku usaha di Jabar merasa kecewa dengan Arsjad Rasjid yang berkunjung ke Tatan Pria Sudjana yang telah diberhentikan sebagai Ketua Umum Kadin Jabar melalui Muprovlub KADIN Jawa Barat yang diselenggarakan pada tanggal 10 September 2020 di Prime Plaza Hotel Purwakarta" ujar, Ketua Kadin Karawang Fadludin pada Wartawan di Bandung Senin 7 Juni 2021.

Dalam Statemen Tatan dalam media menyatakan,Kadin Jawa Barat sebagai salah satu pemegang hak suara, berhak memilih sosok yang bakal memimpin organisasi tersebut selama lima tahun kedepan. Tatan Pria Sudjana mendukung Caketum Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia pada musyawarah nasional (munas) salah satu agendanya yaitu memilih ketua umum periode 2021-2026.

"Jika pernyataan pemberian dukungan itu atas nama Tatan sebagai pelaku usaha, itu sah-sah saja. Namun jika pernyataan itu Sebagai Ketua Umum Kadin Jabar. Kami sebagai Ketua Kadin Kota dan Kabupaten di Jawa Barat protes dan keberatan atas Statemen Tatan Pria Sudjana tersebut" Ujar Fadludin, kepada wartawan.

Dalam memberikan keterangan pers juga dihadiri beberpa ketua Kadin Kota dan Kabupaten diantaranya, Dr.Dedi Supriyadi Pjs Ketua Kadin Kab.Bandung, Ranran Raharja Ketua Kadin Kab.Bandung Barat, Asep Maryadi Ketua Kadin Kota Cimahi, Fadludin DH.Ketua Kadin Kab.Karawang, Thomas Darmawan Ketua Kab.Sumedang,Yayat S Adhie Ketua ASPANJI, Mahpudi Ketua IKAPI dan Iwa Kartiwa Ketua Kadin kota.Bandung sangat keberatan atas statemen Tatan tersebut" kata Fadludin.

Sementara itu, Ketua ASPANJI Yayat S Adhie mengatakan; "Pemberhentian Sdr. Tatan Pria Sudjana dari jabatan Ketua Umum KADIN Jawa Barat Masa Bakti 2019-2024 ditempuh melalui ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KADIN yang namanya MUPROVLUB. Dengan demikian proses pemberhentian Sdr. Tatan Pria Sudjana adalah sah dan konstitusional.

Dengan diberhentikannya Tantan, kata Yayat, Tantan sudah tak berhak menggunakan simbol Kadin Jawa Barat. Akan tetapi dalam perjalanannya, Tantan dan Arsjad Rasjid justru bertemu dan Tantan menyatakan dukungan Kadin Jawa Barat terhadap Arsjad Rasjid di Munas Kadin akhir bulan nanti"kata Yayat.

"Kami meminta klarifikasi Caketum Arsjad Rasjid yang mencalonkan sebagai ketua mendatangi Tantan sebagai ketua Kadin Jabar. Jadi ini yang kami sampaikan bahwa pelaku usaha di Jabar merasa kecewa dengan tingkah yang dilakukan Caketum Arsjad Rasjid yang datang dan mengakui Tantan sebagai Ketua Kadin Jabar," tutur Fadludin.

Fadludin menyebut pertemuan antara Tantan dan juga Arsjad Rasjid sendiri sudah terdengar ke telinga Ketua Kadin Rosan Roeslani.

Menurutnya, Rosan sudah memberi surat peringatan juga kepada Arsjad terkait pertemuan dengan Tantan dengan nomor surat 409/DP/V/2021 tanggal 28 Mei 2021.

"Kami apresiasi sikap Ketum Kadin pak Rosan yang sudah memberikan peringatan kepada Arsjad Rasjid," katanya.

Di samping itu, Kadin Jabar yang diketuai Cucu Sutara ini sudah menentukan sikap dukungan dalam munas Kadin mendatang.

Sikap dukungan itu akan diberikan kepada Anindya Bakrie yang juga maju sebagai 'lawan' Arsjad di pemilihan Caketum Kadin Jabar.

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Lulus Uji TPI Itjen Kumham, Rupbasan I Bandung Melangkah Ke TPN Untuk Meraih WBBM
Jaga Kualitas Udara, Pemkot Bandung Gelar Uji Emisi Kendaraan Bermotor Gratis
Ini Jadwal dan Syarat Lengkap PPDB TK, SD, dan SMP Kota Bandung
Imigrasi Bandung Tuntut WNA Asal India Di PN Bandung
Dirjen HKI Kemenkumham Wajibkan Peneliti Di Perguruan Tinggi Daftar Paten