Dirjen HKI Kemenkumham Wajibkan Peneliti Di Perguruan Tinggi Daftar Paten

foto

Bandung - zonabandung.com - Ditjen HKI Kemenkunham melasakanakan koordinasi dengan para akademisi perguruan tinggi se pulau jawa bekerjasama dengan Kanwil Kemenkumham Jabar bertempat di hotel Trans Bandung, Rabu, 2/06/2021.

Acara yang dibuka  Dirjen HKI, Freddy Harris itu dihadiri para Rektor dan akademisi dari perguruan tinggi yang ada di pulau Jawa.

Sebanyak 180 orang akademisi mengikuti rapat koordinasi dukungan Teknologi dan Inovasi ditambah dari Kanwil Kemenkumham Jabar, ujar Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumhan Jabar, Heriyanto saat acara berlangsung.

Dirjen HKI Kemenkunham, Freddy Harris mengatakan kerjasama dengan para akademisi perguruan tinggi ini sangat penting untuk mendongkrak pendaftaran paten bidang penelitian lebih meningkat sehingga manfaatnya dapat dirasakan peneliti sendiri dan masyarakat luas, ujarnya kepada wartawan zonabandung.com di Hotel Trans Bandung, Rabu, 02/06/2021.

Kurun waktu 10 tahun terakhir jumlah paten yang sudah terdaftar sebanyak 40 ribu hingga 50 ribu.

Diharapkan melalui kerjasama dengan perguruan tinggi ini pendaftaran paten akan semakin meningkat, tutur Freddy.

Ditjen HKI menghimbau agar obat - obatan dan alat penunjang orang sehat seperti contoh resvirator dapat segera didaftarkan patennya.

Dirjen mencontohkan seperti vaksin merah putih kalau sudah rampung harus segera didaftarkan patennya".

Kita harus berani mengatakan bahwa vaksin merah putih harus bisa digunakan untuk Indonesia karena sudah di patenkan, ujarnya.

Target ke depan para akademisi wajib  mempatenkan penelitiannya. Namun sebelum melakukan penelitian dihimbau untuk searching dahulu objeknya jangan sampai yang akan diteliti tersebut ternyata sudah diteliti orang lain, imbuh Freddy.

Intinya seluruh inovasi yang ada di Indonesia wajib di daftarkan patennya seperti halnya yang dilakukan di negara - negara maju, pungkasnya.

Freddy berharap obat - obatan, alat - alat kesehatan dan alat penunjang orang sehat  menjadi prioritas  agar Patennya segera didaftarkan menuju Indonesia lebih maju lagi, harapnya.

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Dinsos Geber Pencairan Bansos PPKM Darurat
Kali ini Vaksinasi Massal Digelar Di Summarecon
Kota Bandung PPKM Darurat, Ini yang Harus Diperhatikan
Terkait Isoman, Satgas Pastikan Wilayah Siap Siaga
Lindungi Diri Dan Warga Binaan, Seluruh Petugas Lapas I Sukamiskin Jalani Swab PCR