Disdik Kota Bandung MoU Dengan LPKA Kls II Bandung, Cetak Generasi Pemimpin Bangsa

foto

Bandung- zonabandung.com - Kakanwil Kemenkumham Jabar, Imam Suyudi menyaksikan penandatangan MoU antara Disdik kota Bandung dengan Lembaga Pembinaan Khusus Anak ( LPKA ) Bandung didampingi Kadisdik akota Bandung, bertempat di LPKA Kls IIA Bandung, Jl. Pacuan Kuda. No. 3B Kota Bandung, Kamis, 18/02/2021.

Disdik Kota Bandung sepakat kerjasama dalam hal kelangsungan pembelajaran Anak Didik yang bermasalah dengan hukum untuk terus mendapat pendidikan walau dibalik tembok tinggi.

Kakanwil sangat mengapresiasi MoU dengan Disdik kota Bandung ini supaya pendidikan bagi anak didik LPKA semakin maju dan berkualitas. " Anak anak Binaan ini adalah generasi bangsa yang tentu harus kita bina secara maksimal khususnya dalam bidang pendidikan kesetaraan yang berkualitas, jelas Imam.

" Anak binaan pemasyarakatan ini merupakan generasi bangsa yang akan melanjutkan pembangunan bangsa di masa yang akan datang," terang Imam.

Sementara itu, masih ditempat yang sama, Kepala LPKA Bandung, Retno Yunihardiningsih menjelaskan LPKA Bandung bekerjasama dengan Sanggar Kegiatan Belajar dalam membantu penyelenggaraan pendidikan terhadap anak Didik Binaan, ujarnya, Kamis, 18/02/2021.

Tambah Retno, MoU ini dilakukan khususnya tingkat Sekolah Menengah Pertama. Selama ini anak didik LPKA Bandung telah menyelenggarakan pendidikan melalui bekerjasama dengan Sekolah induk seperti SMU Langlangbuana, SMK Pertanian Lembang dan SMK PU Bandung, terang Retno.

" Pendidikan di LPKA juga sudah berlangsung baik mulai dari tingkat Sekolah Dasar ( SD ), SMP dan SMU/ SMK", terangnya.

Masih ditempat yang sama, Kadisdik Kota Bandung, Hikmat Ginanjar menyampaikan sistim pendidikan itu ada tiga, yaitu pendidikan formal, non formal dan informal. " Semua sistim pendidikan tersebut harus didukung agar anak -anak generasi muda bangsa ini memiliki ilmu pengetahuan dalam melanjutkan pembangunan bangsa kelak serta mampu menjadi pemimpin bangsa yang akan datang, ujar Hikmat. "

Negara harus hadir dalam mewujudkan dan memberikan pendidikan kepada generasi bangsa". Melalui pendidikan ini para generasi bangsa ini dapat mencintai negaranya melalui profil Pancasila, jelasnya.

Disamping itu, Pendidikan formal , non formal dan informal dapat berjalan saling melengkapi dengan jalur yang satu dengan jalur yang lainnya, terangnya.

Seluruh Peserta didik di LPKA semuanya akan mendapatkan ijasah sesuai jenjang pendidikan yang diikuti, jelas Hikmat.

Lanjut Hikmat, Disdik kota Bandung akan mendorong tenaga pengajar dan sarana prasarana lainnya ke LPKA untuk menunjang peningkatan kualitas murid anak - anak binaan LPKA, jelasnya. Dalam kesempatan yang sama, Kadisdik kota Bandung meninjau ruang kelas murid dan berdialog dengan dua siswa SMK Pertanian Lembang yang sedang belajar melalui daring. Ia memuji suasana belajar dan ruang belajar yang sudah baik di LPKA.

Udaranya sejuk, sirkulasi udara di ruang belajar juga sangat baik dan oksigen yang dibutuhkan anak didik sangatlah bagus. " Ini sudah sangat bagus ya, oksigen dan udaranya juga sejuk disini" , puji Hikmat.

Diakhir lawatannya, Hikmat berpesan kepada anak didik LPKA Bandung, agar tetap tekun belajar dan bersemangat walau ditempat dan ruang dibalik tembok penjara, harapnya.

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Manajemen PT Pos Finansial Yang Baru Siap Dukung Langkah Penyidik Kejati
Menuju WBBM, Rutan I Bandung Sinergi Dengan KPK
Rutan Kls I Bandung Sukseskan Program Pemerintah Melalui Vaksinasi Dosis Ke Dua Seluruh Pegawai
Wali Kota Bandung Ingatkan OPD, Beri Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat
Humas Kota Bandung Raih Penghargaan Public Relations Indonesia Award 2021