425 Narapidana Di Jabar Terima Remisi Natal 2020, Dua Orang Langsung Bebas

foto

Bandung, Zonabandung.com.- Remisi terhadap narapidana diberikan kepada napi yang sudah memenuhi syarat berkelakuan baik dan telah menjalani masa hukuman.

Demikian halnya Remisi Natal untuk tahun 2020 ini diberikan jika sudah memenuhi persyaratan yang diatur dalam Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, jelas Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jabar, Abdul Aris, Kamis Petang, 24/12/2020.

Salah satu yang harus terpenuhi dalam pemberian Remisi tersebut yaitu Berkelakuan baik dalam kurun waktu Remisi Berjalan.

Sedangkan untuk tindak pidana umum harus telah menjalani pidana minimal 6 (enam) bulan dihitung sejak tanggal penahanan dan untuk tindak pidana terkait PP 99 tahun 2012 pasal 34A tetap harus menjalani pidana minimal 6 (enam) bulan dengan melampirkan syarat-syarat sesuai ketentuan, terang Aris.

Remisi Khusus Natal Yang Diberikan kepada Narapidana yang telah menjalani pidana selama 6 (enam) bulan sampai dengan 12 (dua belas) bulan memperoleh remisi 15 hari.

Narapidana yang telah menjalani 12 (dua belas) bulan atau lebih tahun Pertama (telah menjalani lebih 1 tahun) memperoleh Remisi 1 bulan, Tahun Kedua dan Ketiga memperoleh Remisi 1 bulan, Tahun Keempat dan kelima memperoleh Remisi 1 bulan 15 hari dan Tahun Keenam dan seterusnya memperoleh Remisi 2 bulan, jelas Aris.

Data WBP SeJawa Barat per tanggal 23 Desember 2020 yaitu Tahanan 3.675 orang dan Narapidana : 17.947 orang.

Sehingga jumlah seluruh tahanan dan WBP di Jabar sebanyak 21.622 orang, terangnya.

Ini data perolehan Remisi Natal tahun 2020 di Jabar,

Remisi Khusus Natal I sebanyak 423 orang dan Remisi Khusus Natal II sebanyak 2 orang.

" Yang dua orang tersebut langsung Bebas saat Natal 25 Desember 2020".

Sehingga jumlah total perolehan Remisi Natal 2020 di Wilayah Kemenkunham Jabar sebanyak 425 orang, terang Aris.

Aris menjelaskan RK I adalah Remisi Khusus Natal yang diberikan kepada Narapidana dan Anak Pidana, akan tetapi pada saat masa pidananya dikurangkan perolehan Remisi Khusus Natal tersebut yang bersangkutan masih harus menjalani sisa pidana dan belum bisa bebas.

Sementara kalau RK II adalah Remisi Khusus Natal yang diberikan kepada Narapidana dan Anak pidana, yang masa pidananya apabila dikurangkan perolehan remisinya yang bersangkutan akan bebas pada saat tanggal 25 Desember 2020, ungkapnya.

Penyerahan Remisi Khusus Natal tahun 2020 di Jabar ini akan diserahkan oleh masing - masing Kepala Lapas dan Kepala Rutan saat Natal 25 Desember 2020, ujar Aris.

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
PWI Kota Bandung Gelar Baksos Untuk Warga Terdampak Covid-19
Hari Ini Pemkot Bandung Mulai Berlakukan PPKM Mikro
Tingkatkan SDM, Pemkot Bandung Kerjasama Dengan Lemdiklat Polri
Bantu Penuhi Ketersediaan Darah, PWI Kota Bandung Kembali Gelar Donor Darah
Cibadak Culinary Festival, Gunakan Pembayaran Sistem Digi Cash