Dikeluhkan, Hakim PN Bandung Sering Melarang Wartawan Mengambil Gambar

  • Suyono
  • Selasa, 10 November 2020 | 18:24 WIB
foto

Bandung, Zonabandung.com,- Gara gara mengambil gambar saat jalannya persidangan Tindak pidana umum beberapa wartawan ditegur dan dilarang hakim, Ketika sidang perkara Pencemaran nama baik UU ITE digelar diruang  2 Pengadilan Negeri (PN) Bandung Kelas 1.A Khusus Bandung Selasa  (10/11/2020).

Teguran terhadap wartawan mengambi gambar (memfoto) saat persidangan tidak hanya pada persidangan ini saja, pada sidang-sidang lainnya juga sering terjadi.

Hal ini pun langsung menjadi pertanyaan dikalangan Wartawan Pengadilan Negeri Bandung, Pasalnya, Hakim ketua yang menyidangkan perkara UU ITE dengan terdakwa Mantan Wakil Ketua Umum Kadin Jabar Doni Mulyana itu, Langsung menegur wartawan ketika mengambil foto persidangan tersebut, majelis hakim dengan meminta agar tidak mengambil foto tanpa ijin majelis.

“Kamu dari mana ? Tolong ya, jangan ambil gambar jika belum ada ijin dari majelis”, tegas  ketua majelis hakim Dani Harsan dengan wajah sedikit garang.

Dari pembahasan beberapa Jurnalis Hukum Bandung ( JHB)  di Pengadilan, bahwa wartawan yang dimaksud setiap mencari berita didalam ruang sidang di minta harus mendapat ijin terlebih dahulu dari masing masing majelis hakim yang menyidangkan setiap perkara sebelum mengambil gambar mem-foto.

Sementara, Ketika beberapa wartawan yang menerima teguran seperti itu memberikan  tanggapan keberatannya.

Dimana, Jika hakim harus menerapkan aturan kepada setiap wartawan wajib dapat ijin dulu dari majelis hakim sebelum mengambil gambar itu tidak menjadi masalah.

Namun aturan itu tidak selalu sama, beda perkara dan terdakwa hakim nya juga berbeda, beda pula aturannya, sehingga aturan hakim tersebut dianggap bertentangan dengan undang undang No 40 Tahun 1999 Tentang kebebasan Pers.

“Masa wartawan mau ambil gambar saja setiap sidang harus  ijin, Juga sidang kan terbuka untuk umum kecuali sidang anak atau pencabulan maupun perceraian, kita bukan baru meliput berita dilingkungan Pengadilan ini”, ujar beberapa wartawan.

Menyikapi banyaknya keluhan wartawan karena ditegur saat mengambil foto. Ketua Jurnalis Hukum Bandung meminta para wartawan untuk tidak patah semangat dalam melaksanakan tugas sebagai wartawan, hakim memang punya hak untuk melarang siapapun dalam mengambil gambar dll. Tapi kita juga punya hak untuk tetap melaksanakan tugas sebagai jurnalis, sepanjang sidangnya dinyatakan terbuka untuk umum, wartawan tidak perlu  ijin untuk mengambil gambar, mengambil foto, apalagi wartawan yang sudah terbiasa meliput sidang, saya yakin tatacara mengambil gambar agar tidak mengggu jalannya persidangan." Ujar Suyono ketua JHB di PN Bandung.

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Kemenkumham Jabar Akan Bebaskan Narapidana Teroris Abu Bakar Baasyir Jumat Depan
Kirim Paket Ke Luar Negeri lewat Pos Indonesia Wajib Isi Custom Declaration System
Lapas Banceuy Lepas 4 Pejabat Dan Berhasil Meraih WBK Tahun 2020
Besok, Pemkot Bandung Pastikan Siap Laksanakan Vaksin Covid-19
Laki - Laki Petugas Lapas Perempuan Bandung Lomba Masak Nasgor