104 Pejabat Wilayah Hukum Kejati Jabar Ikuti Asesmen Kompetensi

  • Suyono
  • Rabu, 21 Oktober 2020 | 10:20 WIB
foto

Bandung, Zonabandung.com -- Sebanyak 104 orang pejabat eselon III dan IV di wilayah hukum Kejaksaan Tinggi Jawa Barat mengikuti asesmen kompetensi yang diselenggarakan oleh Biro Kepegawaian Kejaksaan RI yang bekerja sama dengan Quantum HRM Internasional (perusahaan konsultan sumber daya manusia).

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum ) Kejati Jabar, Abdul Muis Ali,SH.MH., kepada wartawan mengatakan, Asesmen kompetensi dilaksanakan secara daring sejak Kamis 15 Oktober sampai Selasa 20 Oktober 2020 bertempat di Aula Dinas Pendidikan Prov. Jawa Barat Jl. Dr. Radjiman No. 6 Kota Bandung.

"Selama empat hari tersebut, peserta asesmen dibagi menjadi dua gelombang di mana masing-masing gelombang mengikuti asesmen kompetensi selama dua hari. Peserta kompetensi berasal dari para pejabat eselon III dan IV dari Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dan beberapa Kejaksaan Negeri di Jawa Barat. Selama dua hari tersebut, para peserta akan melalui beberapa tes mulai dari tes intelegensi, tes sikap kerja, tes kepribadian, emotional quotiens (EQ), kesehatan mental dan lain-lain, terakhir ditutup dengan interview," ujar Muis.

Lebih lanjut dikatakan Muis,semua rangkaian asesmen kompetensi tersebut dilaksanakan secara independen, transparan, modern dan profesional.

Asesmen kompetensi dilaksanakan dalam rangka implementasi salah satu agenda reformasi birokrasi dalam hal manajemen karir pegawai yang bertujuan untuk mendapatkan hasil penilaian kompetensi individu pegawai yang objektif, menilai kesesuaian antara kebutuhan kompetensi teknis pegawai dengan standar kompetensi jabatan dan pengembangan karir serta membuat suatu instrument dan dokumen untuk merencanakan pengembangan pegawai yang relevan, transparan, dan akuntabel.

Diharapkan dengan adanya asesmen kompetensi ini dapat menyaring pegawai yang kompeten, berintegritas dan profesional untuk mengisi posisi jabatan tertentu sehingga manajemen jenjang karir pegawai dapat terselenggara dengan baik dan tepat sasaran.

Editor: Shelly Sillviana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Ngopi Bandung, Sarana Komunikasi Masyarakat Dengan Pemimpin
Bayar Uji KIR, TMB dan Bandros Kini Bisa Pakai QRIS bank bjb
Direktur Perawatan Tahanan Berikan Penguatan Terhadap Petugas Rutan Perempuan Bandung
Kios Hilang Usai Renovasi, Sejumlah Pemilik Tenant Mal di Bandung Geruduk Pengadilan Negeri
Pemkot Bandung dan Ok Oce Akan Sasar Milenial Jadi Pengusaha