Pimpin Genap Dua Tahun, Oded-Yana: Optiomis Bersama Kita Tangguh

  • Ramdan
  • Selasa, 22 September 2020 | 14:28 WIB
foto

Bandung, Zonabandung.com,- Tepat pada 20 September 2020 lalu, Oded M Danial dan Yana Mulyana telah memimpin Kota Bandung selama dua tahun. Di saat yang hampir bersamaan, Kota Bandung pun akan berusia 210 tahun pada 25 September 2020 mendatang.
Selama dua tahun memimpin Kota Bandung, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengakui masih banyak pekerjaan yang harus dituntuaskan. Masih banyak kekurangan dan perlu akselerasi yang perlu dilakukan. Kendati begitu, di tahun kedua memimpin Kota Bandung kami terus berjuang mewujudkan Visi Misi Bandung Unggul, Nyaman, Sejahtera, dan Agamis.
Namun selama dua tahun mengorkestrasi pembangunan di Kota Bandung, Oded-Yana membangun fisik dan Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Bandung. Keduanya seperti dua sisi mata uang. Harus saling melengkapi.
"Pembangunan SDM saat ini menjadi faktor yang harus ditingkatkan. Salah satunya dengan pembentukan karakter. Hal ini juga sebagai upaya menyiapkan generasi emas pada 2045. Upayanya melalui program-program pelatihan dan vokasi," kata Oded.
Oded mengungkapkan, program membangun SDM salah satunya yaitu memberi bantuan hibah kepada siswa dan mahasiswa serta pemberian Honorarium Peningkatan Mutu (HPM) Guru.
Tahun ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menganggarkan dana sebesar Rp126.353.160.000. Anggaran tersebut untuk membantu 56.376 siswa dan mahasiswa Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP).
Sedangkan Pemberian Honorarium Peningkatan Mutu (HPM) Guru di antaranya untuk bagi 6.457 pendidik dan tenaga kependidikan bukan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebesar Rp31,5 miliar.
"Sedangkan pembangunan fisik, kita telah membuat BSL-2 dan RSKIA yang canggih. Tak hanya itu, kita juga membangun Bukit Mbah Celeng, Bukit Mbah Garut, Wetland Park Cisurupan, kolam Retensi Rancabolang, Kolam Retensi Jalan Bima, Serlok Bantaran, serta membuat ribuan drumpori. Hal itu merupakan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meminimalisir banjir," jelasnya.
Untuk Bandung Agamis, kata Oded, Pemkot Bandung telah menggulirkan Gerakan Menyemarakan Tempat Ibadah dengan berbagai kegiatan. Di antaranya gerakan Ahlan Quran dan Kajian Muslimah Pendopo hingga Gerakan Berjamaah Salat Tepat Waktu (Bersatu). 
"Salah satu hal yang membanggakan, Kota Bandung menjadi juara umum Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 tingkat Jawa Barat tahun 2020," ujarnya.
Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengungkapkan, salah satu hal yang paling menantang yaitu saat Kota Bandung diterpa pandemi Covid-19 seperti saat ini. 
Menurutnya, dampak yang ditimbulkan dari Covid-19 ini sangat luar biasa. Tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan namun juga permasalah sosial dan ekonomi. 
"Di sinilah pemerintah hadir dengan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 dengan jaring pengaman sosial," ungkapnya. 
Yana mengatakan, sejumlah strategi dirancang Pemkot Kota Bandung untuk merealisasikan proyek strategis di tengah pandemi Covid-19. Di antaranya, membangun kawasan yang multi peran. 
"Penghijauan yang dipadukan dengan peran perbaikan iklim, pengendalian banjir, kawasan interaksi sosial, wisata, konservasi, edukasi, ketahanan pangan, olahraga, pusat aktualisasi diri dan penggerak ekonomi kerakyatan," tutur Yana.
Untuk bisa mewujudkan hal itu, Yana memastikan Kolaborasi menjadi salah satu kunci utamanya. Menjalin kolaborasi antara pemerintah dengan komunitas, pemerintah dengan pemerintah yang lain, pemerintah dengan dunia usaha, antara OPD di dalam pemerintah atau bahkan bauran dari semuanya. 
"Misalnya pada pengembangan Bukti Mbah Celeng melibatkan DPU, DPKP3, Dispangtan, Kewilayahan, Dinas Kehutan (Pemprov Jabar), Komunitas Gowes Bandung Baraya, Sektor 22 Citarum Harum, PT Papandayan Cocoa Industries, Pecinta Alam STKIP Pasundan Cimahi," ucapnya. 

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Panitia Tes Samapta CASN Kemenkumhan Jabar Layani Peserta Dengan Humanis
Melalui SLRT Masyarakat Kota Bandung Bisa Sampaikan Permasalahan Sosial
Oded: Pancasila Itu Final
Pemkot Bandung Akan Terus Jaga Taman kota Tetap Cantik
Pemkot Bandung Optimis Capai 100% Realisasi MCP KORSUPGAH KPK