Andikpas LPKA Bandung Bangga Panen Hasil Kebun Sendiri

foto

Bandung, Zonabandung.com -- Fungsi Lapas/Rutan sebagai tempat pembinaan banyak mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Sangat berbeda jauh dengan sistem kepenjaraan zaman dahulu.

"Pada saat itu efek jera sangat ditekankan kepada para narapidana sedangkan saat ini pada sistem Pemasyarakatan, fokus terhadap pelayanan serta pembinaan terhadap Anak Didik Pemasyarakatan dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)," ujar Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kls II Bandung, Retno Yunihardiningsih, Sabtu siang (15/8/2020), usai panen sayur didalam LPKA.

Pembinaan yang diberikan sebagai salah satu tujuan utama Pemasyarakatan guna mempersiapkan para WBP disaat bebas nanti memiliki keahlian dan terampil serta produktif sehingga bisa membuka peluang usaha sendiri.

"Ini salah satu keberhasilan para petugas dalam memberikan pembinaan kepada para Andikpas baik yang ada di LPKA Bandung dalam bidang pertanian dan perkebunan," jelas Retno.

Dengan didikan dari petugas dan pihak ketiga yang mempunyai pengalaman khusus dibidangnya, ditambah dengan kegigihan para Anak Didik Pemasyarakatan yang ingin belajar serta ditambah beberapa yang sudah punya keahlian, bersama-sama menjadikan lahan LPKA menjadi hijau dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

"Kegiatan berkebun ini untuk mengisi kegiatan kerja WBP. Jika panen kan bisa dimanfaatkan, hasilnya bisa dinikmati para WBP dan juga petugas sendiri dan bisa juga dijual kepada pihak ketiga yang siap menerima hasil kebun tersebut," terangnya.

Retno mengatakan, sudah tiga kali panen sayur sosin, pakcoy dan kangkung.

"Ke depan, seluruh lahan yang masih kosong akan kita tanami lebih maksimal lagi," ujar Retno yang mudah senyum dan ramah ini kepada wartawan.

Editor: Shelly Sillviana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
1.428 Orang Ikuti Tes SKB CPNS Pemkot Bandung
40 Andikpas LPKA Bandung Dapat Sertifikat Keterampilan Kemandirian
Petugas Lapas Banceuy 12 Kali Gagalkan Penyelundupan Narkoba
Refleksi 2 Tahun Kepemimpinan Oded-Yana Ajak Warga Terus Semangat Bersama Bangun Bandung
Sejarah Singkat Bangunan Ikonik Pendopo Kota Bandung