145 WBP Asimilasi Rumah Klien Bapas Bandung Dapat Bantuan Uang Tunai

foto

Bandung - zonabandung.com - Sebanyak 145 klien asimilasi rumah Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Bandung yang berdomisili di kota Bandung  mendapat bantuan sosial berupa  sembako, Jumat, 3/7/2020.

Pemberian sembako ini berkat kerjasama yang sudah terjalin baik selama ini antara Bapas Kls I Bandung, Yayasan AIR Bandung dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung.

" Selain  sembako, Baznas juga memberikan uang tunai sebesar RP. 250. 000., per orang," ujar Kepala Bapas Kls I Bandung, Bambang Ludiro, Jumat, 3/7/2020.

Dihadapan para warga binaan asimilasi rumah, Bambang mengatakan agar seluruh warga binaan klien Bapas Bandung taat dan patuh terhadap hukum dan jangan melakukan tindak pidana serupa dikemudian hari, jelasnya.

Siapapun warga binaan asimilasi rumah yang melanggar hukum akan langsung dimasukkan kembali ke Lapas dan Rutan asal.

" Tiga bulan pertama akan di sel senyap dan tidak boleh dikunjungi keluarga ", tegas Bambang.

Usai mengingatkan para warga binaan asimilasi rumah tersebut, Kepala Bapas menyerahkan bantuan sembako dan uang tunai didampingi Kasi BKD Bapas Kls I Bandung, Prima Supriadi, perwakilan dari Yayasan Air, Lili dan dari Baznas, Ahmad Husen.

Sebelumnya, para warga binaan asimilasi rumah ini terlebih dahulu di asessmen oleh Yayasan AIR agar penyaluran bantuannya benar - benar tepat sasaran, jelas Bambang.

Masih ditempat yang sama, Kasi BKD Bapas Kls I Bandung, Prima Supriadi menjelaskan banyak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mendapatkan kebebasan dengan program asimilasi sesuai peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 10 Tahun 2020 tentang Pemberian Asimilasi bagi Narapidana dan Anak untuk Penganggulangan Penyebaran Coronavirus disease (COVID-19),.

" Pastinya mereka tidak mempunyai pekerjaan dan dikhawatirkan melakukan penggulangan pidana. Maka, perlu solusi sementara untuk mengatasinya melalui sentuhan sembako ini", jelasnya.

Alhamdulilah ya, mereka busa menerima sembako senilai Rp. 150 ribu dan uang tunai 250 ribu, terang Prima.

Mudah - mudahan mampu menguatkan ketahanan pangan mereka selama 2, minggu kedepan, harap Prima.

Hingga kini jumlah asimilasi rumah klirn Bapas Bandung sebanyak 1600 orang dimana 400 diantaranya sudah habis masa  asimilasinya, terangnya.

Tambah Prima, bulan depan akan ada lagi pemberian sembako dan uang tunai kepada warga binaan asimilasi rumah tentunya melalui assesmen pula, jelas Prima.

Editor: Ramdan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Kakanwil Kemenkumham Jabar Berikan Sederet Penghargaan Kepada Pegawai Berprestasi
BPHN Kemenkumham RI Sosialisasi Jabatan Fungsional Analis Hukum
Pengurus Kadin Jabar Keberatan, Jika Tatan Hadir Dalam Acara Masih Menggunakan Simbol-simbol Kadin
Terapkan Prokes Ketat, Pemkot Bandung Beri Peluang Relaksasi Ice Skating Rink
Dirut Pos Indonesia dan Para Menteri Tinjau Langsung Penyaluran BST