Skyscraper
Skyscraper

Petugas Konselor Rehabilitasi Selundupkan Barang Terlarang ke Lapas Banceuy

foto

Geledah: SBT Konselor Rehabilitasi saat hendak menyelundupkan barang terlarang kedalam Lapas Bancey, Kamis (14/5/2020)

Bandung, Zonabandung.com -- Petugas Penjaga Pintu Utama(P2U) Lapas Kelas IIA Banceuy, Edi Prayitno dan Heri Purwanto kembali berhasil menggagalkan masuknya barang terlarang ke dalam Lapas melalui salah satu petugas Konselor rehabilitasi yang hendak masuk ke Lapas, Kamis (14/5/2020).

Barang terlarang tersebut disimpan di dalam sepatu salah satu petugas konselor Rehabilitasi inisial SBT warga Jalan Terate No. 3 Rt. 05 Rw. 010 kelurahan Sukamiskin kecamatan Arcamanik Kota Bandung.

Setiap orang yang hendak memasuki Lapas lewat pintu utama wajib digeledah badan dan barang bawaannya.

"Setelah digeledah badannya lalu ditemukan barang terlarang dari dalam sepatu berupa 10 Butir Dumolid, 4 Butir Valdimex dan 4 Butir Riklona," ujar Kepala Keamanan dan Pengamanan Lapas Banceuy, Eris Ramdani, Kamis siang (14/5/2020).

Kronologisnya sekira pukul 10.28 WIB, 3 Orang Petugas Konselor Rehabilitasi akan melaksanakan tugas ke dalam Lapas.

"Saat memasuki P2U, seluruh Petugas konselor rehabilitasi diperiksa badan dan barang sesuai dengan prosedur. Ketika dilakukan pemeriksaan badan, petugas P2U membuka sepatu petugas konselor rehabilitasi dan ditemukan Barang terlarang tersebut," terang Eris.

Selanjutnya, petugas langsung mengamankan pelaku dan barang bukti. Petugas konselor ini mestinya bersih dari hal-hal penyelundupan barang terlarang.

"Mereka kan petugas yang memberikan edukasi terhadap para pecandu pengguna narkoba, ehh malah ikut menyelundupkan barang terlarang. Moral seperti itu sangat memperihatinkan," keluh Eris.

Perihal penemuan barang terlarang ini kini telah diserahkan ke Satnarkoba Polrestabes Bandung untuk diproses lebih lanjut. Dalam sehari ini dua kali penyelendupan barang terlarang terjadi di Banceuy.

"Kamis pagi sekira pukul 06.00 WIB petugas berhasil menggagalkan tembakau Gorilla dilempar ke atap blok hunian setelah itu sekira pukul 10.20 WIB petugas konselor menyelundupkan barang terlarang melalui sepatu," jelasnya.

Editor: Shelly Sillviana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Kakanwil Kemenkumham Jabar Instruksikan Seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan se Jabar Untuk Kerja Cepat
Enggan Terburu-buru, Pemkot Bandung Cek Kesiapan Mal
Danlanud Husein S: Patuhi Imbauan Pemerintah, Personel Tidak Mudik
Dirjen Pemasyarakatan Cek Blok Kamar Hunian Rutan Perempuan Bandung
Dispangtan Pastikan Pasar Di Kota Bandung Negatif Daging Celeng