Skyscraper
Skyscraper

Bandara Husein Sastranegara Kembali Beroperasi, Ini Prosedur Bagi Penumpang

foto

Bandung, Zonabandung.com -- Bandara Husein berlakukan prosedur baru demi menjamin keselamatan penumpang dari infeksi virus Covid-19.

Lanud Husein Sastranegara dan Bandara Udara Husein Sastranegara menggelar Apel Gabungan Kesiapan untuk pembukaan penerbangan maskapai di tengah pandemi Covid-19 dengan menetapkan beberapa prosedur baru untuk penumpang Bandara Husein Sastranegara selama wabah covid-19 atau virus corona, Sabtu (9/5/2020).

Menindaklanjuti pembukaan operasional untuk penumpang bersyarat yang diinstruksikan Surat Edaran Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020.

"Prosedur baru ini dijalankan secara ketat dengan tahapan yang detail, oleh karena itu kami menghimbau agar calon penumpang pesawat sudah hadir di bandara 3-4 jam sebelum jadwal keberangkatan," ujar Danlanud Husein S. Kolonel Pnb Bonang Bayuaji Gautama S.E M.M.

Danlanud menambahkan titik layanan keberangkatan dibatasi menjadi dua, yakni gate 4 dan gate 3 dan pada setiap titik keberangkatan, terdapat Posko Pengendalian Percepatan Penanganan Covid-19.

Penumpang harus menunjukkan tiket penerbangan, identitas diri, surat keterangan bebas Covid-19, surat keterangan perjalanan dan berkas wajib lainnya di posko tersebut.

Kemudian penumpang lanjut mengisi kartu kewaspadaan kesehatan atau health alert card dan formulir penyelidikan epidemiologi di posko.

Setelah diisi berkas akan diperiksa ulang oleh anggota Kantor Kesehatan Bandara. Kalau sudah dinyatakan lengkap baru penumpang mendapat surat izin dari anggota KKP.

Baru setelah itu penumpang bisa melakukan check-in di masing-masing konter dan mendapatkan boarding pass.

Pada tahapan pemeriksaan di security check poin selanjutnya, surat izin dari KKP, boarding pass dan identitas diri akan kembali diperiksa.Setelah lengkap penumpang baru bisa menuju boarding lounge.

Sementara itu PLT GM Bandar Udara Husein Sastranegara Bapak Iwan Winaya Mahdar mengatakan rangkaian prosedur ini juga dilakukan di bandara-bandara lain yang dikelola PT Angkasa Pura II dan beroperasi selama wabah corona seperti Bandara Soekarno Hatta dan Juanda dan Bandara lain di Indonesia.

Editor: Shelly Sillviana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Kota Bandung Zona Kuning, Oded Siapkan Strategi Baru
Danlanud Sulaiman Bandung: Maknai Tugas Sebagai Panggilan Hati
Penumpang Wajib Penuhi 3 Dokumen Sebelum Bepergian via Bandara Husein Sastranegara Bandung
Dirjen Pemasyarakatan Cek Blok Kamar Hunian Rutan Perempuan Bandung
Petugas Konselor Rehabilitasi Selundupkan Barang Terlarang ke Lapas Banceuy