Skyscraper
Skyscraper

Perdana, Pengadilan Negeri Bandung Gelar Sidang Via Vicon

  • Suyono
  • Kamis, 26 Maret 2020 | 17:00 WIB
foto

Bandung, Zonabandung.com -- Pengadilan Negeri Bandung Kelas I.A Khusus Jalan RE.Martadinata Kota Bandung hari ini, Kamis 26 Maret 2020, sepi dari tahanan dan pengunjung sidang, kondisi ini jauh berbeda dengan hari biasanya.

Terlebih lagi hari Kamis, biasanya puluhan tahanan, terlihat antre diruang sidang menunggu giliran untuk disidangkan.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bandung Kelas I.A Khusus menggelar persidangan melaui (video conference) untuk mencegah penularan virus korona (covid-19).

Langkah ini diambil untuk menerapkan kebijakan jaga jarak (social/physical distancing).

"Sidang vicon ini, hakim tetap berada di pengadilan, jaksa dan terdakwa tidak perlu hadir di pengadilan cukup di rutan (rumah tahanan) saja, komunikasi dilakukan melalui sarana monitor," kata Wasdi Permana Humas PN Bandung, Kamis (26/3/2020).

Menurut Wasdi, sidang vicon (video conference) untuk sidang pidana hari ini, ada 3 perkara.

1 perkara dengan ketua Majelis Hakim,Wasdi Permana, dengan agenda tuntutan, 1 perkara dengan ketua Majelis Hakim, Rifandaru E. Setiawan dengan agenda, pemeriksaan terdakwa dan 1 Perkara majelis hakim diketuai Toga Napitupulu, dengan agenda tuntutan.

"Ini untuk pertama kali digelar Pengadilan Negeri Bandung Kelas I.A Khusus bersama Kejaksaan Tinggi Jabar, Kejaksaan Negeri Bandung dan Rutan Kebonwaru Bandung," katanya.

Lebih lanjut kata Wasdi, sidang eletronik ini, merupakan terobosan peradilan secara Vicon yang telah dikembangkan Mahkamah Agung (MA).

Sidang vicon dilaksanakan khususnya yang tahanan terdakwanya mepet (hampir habis) dan tidak bisa diperpanjang ke Pengadilan Tinggi.

Wasdi, menyebut, sidang vicon mengacu pada asas keselamatan rakyat, sebagaimana Surat Edaran MA (SEMA) Nomor 1 Tahun 2020 tertanggal 23 Maret 2020.

Editor: Shelly Sillviana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Atep dan Tantan Resmi Masuk Skuad PSKC Cimahi Musim 2020 Liga 2 Indonesia
Kabar Pasien Terinfeksi Covid-19 Di RSUD Kota Bandung : Hoaks!
Kalapas dan Seluruh Napi Berjemur Bersama, Gedung Disemprot Disinfektan
Bersih Dari Virus Corona, Bandung Aman Untuk Dikunjungi Wisatawan
Kurangi Interaksi Warga dan Petugas, Pelayanan Publik Pemkot Cimahi Beralih Ke Online